Stadium General Bagi Mahasiswa Baru TA. 2019/2020

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Stadium General bagi mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. Berlangsung, Senin 1 Oktober 2019, tema yang diangkat yakni Membangun Karakter Mahasiswa yang Islami, Unggul dan Mandiri di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Acara ini berlangsung di Gedung Prof. Soenarjo (Convention Hall) lantai 1 UIN Sunan Kalijaga. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si, dalam sambutannya menjelaskan bahwa stadium general ini mengangkat tema yang sangat kontemporer.

"Ini menarik, karena sesungguhnya masing-masing masyarakat memiliki lokalitas. Oleh karena itu pengenalan ini penting, karena anda akan menghadapi masyarakat yang sangat beragam," jelasnya saat sambutan.

Sekaligus membuka acara, beliau juga menegaskan kepada mahasiswa baru untuk terus belajar menimba ilmu dan mempelajari karakter-karakter nabi. Sehingga, mahasiswa baru dan mahasiswa FISHum khususnya bisa menjadi pribadi yang islami, unggul sekaligus mandiri.

"Anda menghadapi era baru. Maka manfaatkan peluang-peluang yang ada. Kami sangat bangga dengan kehadiran mahasiswa baru dan pak erik dan bapak ibu dosen yang memberi motivasi terus menerus," imbuhnya.

Acara ini diisi oleh Erik Hadi Saputra pengisi acara inspirasi di RRI Yogyakarta dan kolumnis inspira harian Republika. Menurutnya, mahasiswa baru harus memiliki semangat yang tinggi untuk melihat potensi diri dan peluang yang ada.

Beliau membuka materi dengan pengenalan cara berfikir mahasiswa dengan tes kepribadian. Apakah mahasiswa baru cenderung menggunakan otak kanan, otak kiri atau justru seimbang. Melalui pertanyaan yang disajikan menggunakan media video, jawaban dari masing-masing individu bisa mendetiksi cara berfikirnya.

Mahasiswa baru terlihat aktif dan mendengarkan materi yang disampaikan. Terlihat hadir dalam acara ini, Wakil Dekan Bidang ADUM, Perencanaan Dan Keuangan, Dr. Sabarudin, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Drs. Siantari Rihartono, M.Si, Kepala Bagian Tata Usaha Fak. Ilmu Sosial Dan Humaniora, Dra. Budhi Susilowati, M.A. serta Dosen dan Tendik dilingkungan FISHum. (tri)

Berita Terpopuler