Seminar Hasil Kajian dan Model Solusi Strategis Analisis Dampak Kependudukan

Pembangunan keluarga melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) perlu didukung, dilanjutkan dan mendapat perhatian lebih dari berbagai unsur masyarakat. PUS berpendidikan sebagai salah satu sasaran langsung program KKBPK memiliki peran penting dalam mempengaruhi dinamika perilaku masyarakat. Penguatan persepsi positif dan peningkatan partisipasi aktif sasaran langsung maupun sasaran tidak langsung dari program KKBPK menjadi isyu yang penting untuk terus dievaluasi dan diperbaiki.

Demikianlah cuplikan abstrak yang tertulis dalam policy brief hasil penelitian dari tim yang diketuai oleh Pihasniwati, M.A., Psi. Penelitian dengan judul Persepsi dan Partisipasi Pasangan Usia Subur Berpendidikan Tinggi Terhadap Program KKBKP pada Masyarakat Worobrajan ditulis oleh Pihasniwati, Miftahunni’mah Suseno, Muryanti, Johan Nasrul Huda, Mochamad Sodik, Sulistyaningsih, Witriastuti Susani Anggraeni dan Ewang Sewoko.

Penelitian ini kemudian diseminarkan, pada Kamis, 31 Oktober 2019 bertempat di Imperial Ballroom The Rich Jogja Hotel. Jl. Magelang KM. 6 Sinduadi, Mlati, Sleman Yogyakarta. Seminar kali ini merupkan kerjasama antara BKKBN DIY bekerjasama dengan Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI) DIY dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam penyusunan kajian dampak kependudukan.

“Seminar ini sangat bermakna dalam menghadapi bonus demografi dengan memanfaatkan nya secara optimal. Perlu peningkatan kualitas SDM dan pengelolaan yang tepat. Diperlukan penciptaan kesempatan kerja, dengan tenaga kerja yang terampil dan berdaya saing tinggi. Selain itu, program KKBKK perlu diperkuat dan diberdayakan. Kegiatan UPPKS perlu didukung penuh agar keberadaannya semakin dirasakan,” jelas Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga hadir dalam acara tersebut.

Sesi diskusi dalam seminar kali ini diisi oleh Dr. SukamdiM.Sc (Peneliti IPADI DIY) dengan tema Pengembangan Kebijakan Kependudukan untuk merespon Bonus Demografi. Narasumber kedua yakni Pihasniwati, M.A., Psi., yang menyampaikan hasil penelitia dengan judul Persepsi dan Partisipasi Pasangan Usia Subur Berpendidikan Tinggi Terhadap Program KKBKP pada Masyarakat Worobrajan. Seminar kali ini dimoderatori oleh Dr. Umi Listyaningsih, M.Si. (tri)

Berita Terpopuler