Kita Institute Bekerjasama dengan LAB SOSIOLOGI Lahirkan Buku “Belenggu Perdagangan Manusia”

Bulan April ini, Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menghadiri dua undangan dari Lembaga Kita Institute. Undangan yang pertama ialah agenda Launching buku berjudul Belenggu Perdagangan Manusia, dan dihadiri oleh Dr. Muryanti selaku Direktur Lab Sosiologi pada tanggal 18 April 2018. Launching buku tersebut dilaksanakan di Pedopo Kabupaten Wonosobo.

Undangan yang kedua yakni diskusi dan bedah buku terkait, yakni pada tanggal 23 April 2018 dan dihadiri oleh Tri Mulyani, mahasiswa Sosiologi yang sekaligus menjadi ketua Lab. Tidak hanya Tri yang hadir di acara bedah buku, dari pengurus Lab Sosiologi ia ditemani oleh Ruci Fela dari Divisi Tour Lab dan Khairul Umam dari Baninfokom Lab. Bedah buku kali ini berlangsung di Aula Al-‘ala Universitas Sains dan Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo.

Buku berjudul "Belenggu Perdagangan Manusia" ini merupakan hasil karya kolaboratif yang digarap oleh Lembaga Kita Institute berasama dengan Laboratorium Sosiologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga serta Program Studi Ilmu Hukum UNSIQ. Isinya terkait dengan hasil penelitian dari tim tentang banyaknya proses Buruh Migran Indonesia khususnya di Wonosobo yang sebenarnya terindikasi Trafficking. Mulai dari pemberangkatan, pengurusan dokumen, hingga penempatan tenaga kerja di negara terkait.

Proses penelitian hingga penulisan buku ini terbilang cukup lama, karena ia memakan waktu hingga 1 setengah tahun dari keseluruhan prosesnya. Diharapkan buku ini menjadi karya yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Wonosobo yang merupakan daerah dengan tingkat pengiriman tenaga kerja terbanyak di Indonesia. Apalagi dari hasil temuan tim yang langsung ke lapangan menunjukan bahwa minimnya pengetahuan masyarakat desa terkait dengan prosedur yang benar ketika bekerja di luar negeri. Lebih bermasalah ketika yang memilih bekerja ke luar negeri sebagian besar ialah perempuan.

Beberapa tim yang menulis buku ini antara lain ialah Tri Mulyani, Moh. Bhayu Surya Andika, Recha Nur Afifah, Rumiyati, A.Md., Eka Munfarida Irfiani, S.E., Linda Ikawati,S.H.,M.H. dan Dr. Muryanti, M.A., sebagai editor. (tri)

Berita Terpopuler