FISHUM Bekali 53 orang Calon Wisudawan/Wati Periode II Tahun Akademik 2017/2018

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Pembakalan dan Pelepasan Calon Wisudawan (20/02). Periode kali ini, sebanyak 53 mahasiswa FISHUM akan menjalani proses wisuda keesokan harinya. Rekapitulasi Calon Wisudawan/wati tahun 2017/2018 dari wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Sulistyaningsih menunjukan bahwa dari 53 Wisudawan ada 15 orang dari Prodi Psikologi, Laki-laki 4 orang dan Perempuan 11 orang. Sementara itu dari Prodi Sosiologi ada 17 orang, Laki-laki 7 orang dan Perempuan 10 orang. Terakhir, dari Prodi Ilmu Komunikasi ada 21 Orang yakni Laki-laki 12 orang dan Perempuan 9 Orang.

Selain itu, ada 3 wisudawan yang meraih penghargaan sebagai penyusun skripsi terbaik antara lain ialah Mentari Rakhmawati Putri Psikologi IPK 3,51 dengan judul “Efektifitas Terapi Tawa untuk menurunkan Stres Akulturatif pada Mahasiswa Thailand di Yogyakarta,”. Selain Mentari, ada Muhammad Nur Ichsan Mahasiswa Ilmu Komunikasi lulus dengan IPK 3,78 dengan judul skripsi “Proses Penetrasi Sosial Pengguna cadar melalui komunikasi interpersonal dalam membangun relasi dengan masyarakat (studi Deskriptif Pada mahasiswa UIN Suka),”. Terakhir ada Novia Tensiani Mahasiswa Sosiologi lulus dengan IPK 3,77 dengan judul Skripsi “Kearifan Lokal dalam Membangun Pangan Lokal (Studi di kelompok Wanita Tani Pawon Gendis, Dusun Salak Malang, Desa banjarnegara Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo,”.

Terdapat 13 orang calon wisudawan/wati yang mendapat penghargaan lulus dengan Predikat Pujian. Beberapa diantaranya ialah Muhammad Nur Ichsan, Nurul Fauziah, Siti Muflihah, Dewi Maqnu’ah, Afthon Faarizul Umam, Khefti Al Mawalia dan Raden Rachmad Cahyo Santoso dari Prodi Ilmu Komunikasi. Dari Prodi Sosiologi ada Novia Tensiani, Nuraisyah Istiqomah, Nurul Mashitoh dan Anisatul Ainiyah. Serta dari Prodi Psikologi ada Fathina Sajida dan Mentari Rakhmawati Putri yang mendapat predikat pujian.

“Mewakili calon alumni, saya sangat berterimakasih pada semua pihak dilingkungan FISHUM. Kepada Dekan dan Wakil Dekan yang telah menfasilitasi dan membimbing kami. Kepada seluruh dosen yang telah sabar membina dan mendidik kami,” ujar Muhammad Nur Ichsan saat sambutan mewakili mahasiswa. Sementara itu dalam agenda sambutan dari pihak orang tua/wali, diwakili oleh Haji Mimid. Beliau juga mengucapkan banyak terimakasih untuk semua elemen yang telah memberikan ilmu kepada anaknya. “Pendidikan merupakan manifestasi jangka panjang. Saya mewakili orang tua wali mengucapkan banyak terimakasih pada Fakultas sehingga anak-anak kami bisa menyelesaikan studinya,” tuturnya.

Terlihat hadir dalam acara ini Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, M.Si, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Sulistyaningsih, serta Kaprodi Sekprodi Psikologi, Ilmu Komunikasi, dan Sosiologi serta beberapa dosen. Selain itu, beberapa materi pembekalan disampaikan oleh Shinta Putri Megawati, S.Psi sebagai narasumber pertama dan Very Julianto, M.Psi sebagai narasumber kedua. (tri)

Berita Terpopuler