FISHUM dan KPI Pusat Selenggarakan GERAKAN LITERASI SEJUTA PEMIRSA

Jogja (05/03), Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga melalui Center Of Communication Studies and Training (ComTC) bekerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat mengadakan seminar Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa dengan tema “Cerdas Bermedia, Menuju Siaran Berkualitas”. Acara ini bertujuan untuk menambah dan mengembangkan kemampuan sikap kritis masyarakat dalam bermedia. Dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 5 Maret 2020 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta dari kalangan mahasiswa se-DIY dan masyarakat pegiat media. Pada kesempatan ini, Hanafi Rais (Komisi I DPR RI) turut hadir sebagai keynote speaker, Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si., Wakil Dekan 3 Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si., Kaprodi Ilmu Komunikasi Dr. Siantari M.Si, beserta jajarannya, KPID Yogyakarta, dan dari KPI Pusat.

Seminar ini sebagai upaya menjawab berbagai pertanyaan mengenai industri penyiaran di Indonesia yang sangat sensitif karena syarat akan banyaknya kepentingan-kepentingan, sehingga konten siaran yang ditayangkan menjadi tidak sehat dan kadangkala melanggar aturan penyiaran. Selain itu, pentingnya literasi media penyiaran menjadi sebuah gerakan yang masif di masyarakat, agar menjadi pendorong bagi pelaku penyiaran untuk membuat konten-konten siaran yang lebih baik dan berkualitas. Dalam sambutannya, Dr Mochammad Sodik, M.Si sebagai Dekan FISHUM yang juga mewakili pejabat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini di UIN Sunan Kalijaga dan kerjasama diberbagai kegiatan dan riset yang telah terjalin sejak lama bersama KPI Pusat. “bersyukur, bahwa UIN Sunan Kalijaga menjadi tempat bersama dan menjadi kampus yang senantiasa akan menebarkan kebaikan-kebaikan dan manfaat bagi masyarakat luas” tambahnya.

Dilain pihak, Hanafi Rais yang turut hadir sebagai keynote speaker menyampaikan “Masyarakat kalau bisa lebih cerdas, kritis dan mandiri melihat isi siaran”. Sebagai anggota DPR Komisi 1 yang membidangi tentang penyiaran berharap “jika ini menjadi gerakan bisa merubah pasar isi siaran” imbuhnya.

Acara Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa ini di moderatori oleh Dosen FISHUM Bono Setyo, M.Si dan tiga narasumber yang turut memberikan materi seputar penyiaran diantaranya Irsal Ambia (Komisioner KPI Pusat), Syafril Nasution, Ketua ATVSI (Asosiasi Televisi Swasta Indonesia), dan Arlista Hadhi Putri (host program berkualitas Geopark I News). Kemeriahan dalam acara ini tergambar dari antusiasme peserta yang aktif bertanya-jawab dengan para pembicara dan tentunya doorprize yang telah disediakan oleh panitia. (Tim)

Berita Terpopuler