Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Melakukan Kunjungan Akademik ke Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia

Penang – Kunjungan akademik kepada Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kunjungan akademik yang di – inisiasi oleh Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos. M.Si dibawah arahan Kaprodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Drs. Siantari Rihartono, M.Si, disambut baik oleh dekan Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia, Prof. Madya Dr. Mohd Faizal Bin Kasmani di Penang 18 Februari 2020. Dalam kesempatan kunjungan tersebut, beberapa agenda untuk mengembangankan masing-masing pihak telah disetujui.

Agenda pertama yang dibahas adalah pengembangan di bidang penelitian. Tuntutan kolaborasi dalam hal penelitian dan publikasi nampaknya menjadi sorotan penting dalam kunjungan akademik ini. Hal ini disampaikan oleh Drs. Siantari Rihartono, M.Si selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam sambutannya untuk membuka diskusi, “kolaborasi dalam penelitian itu penting karena hal ini akan memacu produktivitas akademisi dari kedua belah pihak dalam mempublikasikan karya ilmiahnya yang berstandar internasional.” Adapun tema yang akan dikembangkan oleh keduanya telah ditentukan yakni kolaborasi riset tentang new media dan literasi digital. Pembahasan lebih lanjut dari dua tema ini dilakukan langsung dengan Dekan Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia, Prof. Madya Dr. Mohd Faizal Bin Kasmani di Penang 18 Februari 2020.

Visiting lecture atau bisa diartikan sebagai pertukaran lecturer dikedua belah pihak merupakan agenda kedua yang dibahas dalam kunjungan akademik ini. Pembahasan tentang visiting lecture ini dikakukan dihari kedua yakni 19 Februari 2020. “Visiting lecture ini merupakan sebuah media yang penting untuk mengembangkan kapabilitas akademisi pada masing-masing pihak dalam hal pengajaran, rumpun melayu baik pada mahasiswa Indonesia dan Malaysia setidaknya dapat menjadi factor yang hingga tingkat tertentu bisa mempermudah visiting lecture ini,” terang Dr. Diah Ajeng Purwani, S.Sos.

Adapun agenda ketiga yakni pengembangan kolaborasi Pengelolaan Jurnal menuju internasionalisasi indeks Scopus. Pembahasan dihari ketiga, 20 Februari 2020 ini diinisisasi oleh Dr. Rama Kertamukti, M.Sn. Selaku Chief Editor Profetik: Jurnal Komunikasi yang mentargetkan indeksasi Scopus ditahun ini, Dr. Rama melakukan studi banding serta pertukaran editor dengan USIM Buetin Offstone, salah satu jurnal ilmiah besutan Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia.

Berita Terpopuler