Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. Rektor UIN Sunan Kalijaga Sambut Baik Kegiatan Workshop Social Network Analysis

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop Social Network Analysis. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni 12-13 November 2020 secara online melalui platform zoom dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Official FISHUM UIN SUKA.

Apresiasi atas berlangsungnya kegiatan ini disampaikan langsung oleh Prof.Dr. Phil.Al Makin, S.Ag., M.A. Rektor UIN Sunan Kalijaga. Dalam sambutan sekaligus membuka acara ini (12 November 2020) beliau menyampaikan bahwa tema ini sangat penting untuk dipelajari. “Dua ahli yang didatangkan tadi, saya kira trobosan yang luar biasa. FISHUM ini Fakultas yang progrsif,” tuturnya.

Menurut beliau, analisis jaringan terutama di dunia maya menjadi kajian yang menarik untuk di dalami. Apalagi media sosial dipenuhi oleh kalangan selebriti. Dosen dan kaum intelektual jarang sekali muncul di media sosial. Ucapan terimakasih dan apresiasi juga datang dari Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa woorkshop kali ini sangat penting diadakan.

“Workshop kali ini akan berlangsung selama dua hari. Mengapa workshop ini penting? Kita menyadari betul, era saat ini soal big data, SNA itu sifatnya mutlak,” jelasnya.

Sambutan juga diberikan oleh ketua panitia acara yakni Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., M.Sn.yang juga selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi FISHUM UIN Sunan Kalijaga. “Insyaallah hari ini (12/11) kita akan membahas SNA. Metodologi yang cukup mempuni hari ini, bagaimana kita memetakan relasi, network society. Semoga acara ini menjadi berkah bagi kita semua,” jelasnya.

Di hari pertama, workshop diisi oleh Muhammad Rifqi Ma’arif dari Pusat Studi & Layanan Analitik Data (PuSLAD) Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Narasumber menyampaikan materi mengenai Intro to Social Network Analysis “a quantitative tool for social research”. Pemaparan narasumber dipandu langsung oleh moderator yakni Denisa Apriliawati, S.Psi, M.Res. selaku Dosen Prodi Psikologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga. (tri)