Pembekalan dan Pelepasan Calon Wisudawan/Wisudawati Periode IV Tahun Akademik 2017/2018

Dalam rangka wisuda periode IV Tahun Akademik 2017/2018, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora melaksanakan pembekalan dan pelepasan kepada calon wisudawan/wisudawati. Pembekalan dan pelepasan dilaksanakan di Ruang Interactive Center (04/09/2018).

Pembekalan dan pelepasan dihadiri oleh Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si selaku Dekan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan semua Ketua Program Studi. Selain dihadiri oleh pimpinan fakultas, acara ini juga menghadirkan orangtua wali dan tiga pembicara yang melakukan pembekalan kepada calon wisudawan/wisudawati.

Pembekalan dan pelepasan diawali dengan pembacaan laporan wisudawan/wisudawati dan SK Rektor oleh Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Dalam laporannya, beliau menyebutkan setidaknya ada 52 Calon wisudawan yang 21 diantaranya mendapatkan gelar Cumlaude, serta wisudawati dari Program Studi Ilmu Komunikasi atas nama Rahmah Hayati sebagai wisudawan terbaik, ungkap Sulis.

Setelah pembacaan laporan, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari berbagai pihak. Pertama, sambutan dilakukan oleh perwakilan mahasiswa yang diwakili oleh mahasiswi lulusan terbaik. Dalam sambutannya, calon wisudawati mengucapkan terimakasih kepada FISHUM yang telah membimbing di “kampus perjuangan” sehingga mereka dapat menembus batas kemampuan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh perwakilan orangtua. Dalam sambutannya, orangtua merasa bangga putra-putrinya menjadi bagian dari FISHUM dan berharap putranya memiliki ilmu yang bermanfaat, menjadi pemimpin yang amanah dan sholeh/sholehah.

Sambutan terakhir dilakukan oleh Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si selaku Dekan. Beliau menyebutkan keragaman lulusan FISHUM berkaitan tentang waktu dan bidang kerja. Sodik menyampaikan bahwa proses wisuda hanyalah ceremony,secara rohani tetap satu keluarga FISHUM. Calon wisudawan dapat sewaktu-waktu untuk ke FISHUM, bahkan dapat memanfaatkan fasilitas. Mochamad Sodik juga berpesan untuk calon wisudawan mengembangkan jiwa kompetisi dan kerjasama dalam membuka jaringan. Perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk mengaktualisasikan diri. Sebaik-baiknya manusia adalah bisa bermanfaat bagi manusia lainnya, ungkap Sodik.

Acara inti adalah pembekalan, yang disampaikan oleh tiga narasumber yang telah didatangkan oleh pihak Fakultas. Adapun pembicaranya yang pertama adalah Bapak Simon dari Rekayasa Industri. Simon menyebutkan bahwa peran lulusan ilmu sosial dalam ranah perusahaan rancang bangun sangat terbuka lebar, khususnya terkait design dan drafting.

Pembicara kedua dan sekaligus alumni FISHUM yang berprofesi sebagai penulis dan peneliti BJ Soedjipto. BJ mengungkapkan terkait pentingnya menemukan passion dalam karir sehingga mampu untuk melakukan aktualisasi diri. Pembicara ketiga adalah Dr. Muryanti yang juga selaku Dosen Program Studi Sosiologi FISHUM. Muryanti menyampaikan tema terkait pemuda sebagai harapan dan peluang. Menuju sukses calon alumni harus mempersiapkan percaya diri, fokus, passion dan tidak mudah mengeluh. (Agus)

Berita Terpopuler