Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah. Acara ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis yang ke-13. Dari rangkaian acara ini, Workshop kepenulisan Karya Ilmiah dibagi menjadi beberpa kelas selama dua hari. Di hari pertama (05/09/2018), Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah diikuti oleh mahasiswa bidikmisi. Sedangkan di hari kedua (06/05/2018), kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Prodi Ilmu Sosiologi, Ilmu Komunikasi dan Psikologi angkatan 2015 dan 2016.

Sebagai ketua panitia Workshop, Rika Lusri Virga, S.IP., M.A Dosen Prodi Ilmu Komunikasi berharap setelah diselenggarakan Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah, mahasiswa mendapat stimulus dan motivasi untuk menulis. Apalagi dirangkaian acara Dies FISHUM juga ada kompetisi essay. “Harapannya bisa memberi stimulus bagi mahasiswa. Dirangkaian acara Dies FISHUM ada kompetisi essay. Teman-teman semua bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” Jelasnya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni juga berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memotivasi mahasiswa khususnya angkatan 2015 untuk segera mengerjakan skripsi. “Untuk lulus tugas akhir harus bisa menulis akademik. Harus selalu diasah skill menulisnya. Narasumber kali ini semuanya produktif. Harapannya dengan adanya workshop bisa memberikan motivasi bagi mahasiswa,” tutur WD III dalam sambutannya. Beliau juga menambahkan bahwa di kegiatan kali ini Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik S.Sos,. M.Si berhalangan hadir karena masih menghadiri acara Wisuda di Universitas. Meskipun begitu, Dekan FISHUM sangat mendukung kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan skill bagi mahasiswa.

Workshop kepenulisan hari ini dibagi menjadi 4 kelas. Pertama, kelas yang diisi oleh Akhmad Ramdhon, M.Si dan dimoderatori oleh Astri Hanjarwati, S.Sos,. M.Si. Berlangsung di Interactive Center dan diikuti oleh mahasiswa Psikologi dan Sosiologi angkatan 2015. Kedua, kelas yang diisi oleh Ahmad Syaifuddin, S.Psi., M.Si dan dimoderatori oleh Yanti Dwi Astuti M.A berlangsung di Ruang 317 diikuti oleh mahasiswa Psikologi 2016.

Ketiga, materi yang disampaikan B.J Soejibto, S.Sos, M.Soc, dimoderatori oleh UI Ardinalinggar L, M.A untuk mahasiswa Sosiologi 2016 berlangsung di Ruang Sidang Lantai III FISHUM. Terakhir, materi yang disampaikan oleh Durrotul Mas’udah S.Ikom di ruang 223 B dan dimoderatori oleh Lukman Nusa, M.Ikom diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016. (tri)

Berita Terpopuler