60 Perusahaan tersedia di Job Fair 2018

Ikatan Keluara Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (IKA FISHUM) mengadakan Job Fair 2018 (13/09/2018). Bertempat di Gedung Prof Amin Abdullah (MP) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Job Fair kali ini merupakan bagian dari serangkaian acara Dies Natalis FISHUM yang ke-13. Meskipun tidak bisa hadir karena ada beberapa agenda yang tidak bisa ditinggalkan, Nur Faizin,S.Sos,M.A selaku ketua IKA FISHUM juga berterimakasih kepada semua elemen yang ikut mensukseskan Job Fair ini. Sebagai alumni, ia bangga bisa bersinergi dengan pihak kampus. “Sukses terus buat keluarga besar FISHUM UIN Sunan Kalijaga,” begitu pesan yang disampaikan untuk kegiatan ini melalui Whatsaap (13/09).

Saat menyampaikan laporan penyelenggaraan, pihak dari Disnakertrans yakni Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja, Elly Supriyati A.S, S.Psi, M.Ec. berterimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu mensukseskan Job Fair kali ini. “Menemukan kandidat yang sesuai dengan konpetensi. Dan bagi peminat kerja juga bisa memilih sesuai dengan minat bakat masing2,” begitu harapan Elly Supriyati disela-sela penyampaian laporan penyelenggaraan.

Peserta yang mengikuti Job Fair IKA FISHUM kali ini adalah 60 perusahaan dengan melibatkan beberapa pihak salah atunya LSM Saujana. Ada beberapa lowongan pekerjaan baik di wilayah D,I Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta. Dr. Mochamad Sodik,S.Sos,M.Si sebagai Dekan FISHUM, sangat mengapresiasi tereselenggaranya Job Fair kali ini.

“Setahun lalu IKA FISHUM sudah menginisiasi Job Fair ini ada di UIN Sunan Kalijaga. Ini bagian dari sinergitas Alumni dengan Fakultas. Karena, perkembangan Perguruan Tinggi pasti didorong oleh alumninya. Dan ini terbukti. Acara pada hari ini semoga menjadi inspirasi yang luar biasa bagi semua,” tutur Dekan FISHUM.

Harapan ini juga disampaikan oleh Direktur Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri Kementerian Ketenagakerjaan RI yang diwakili oleh Kasubdit Bursa kerja, Timbul Tua Panggabean,S.Sos, M.M. Terselenggaranya Job Fair kali ini diharapkan mampu menjawab persoalan bangsa, terutama terkait dengan masalah penganguran. Bagaimanapun, ini menjadi tantangan Kemenaker hingga saat ini. Meskipun angka pengangguran terus menurun, tetapi jumlah pengangguran di Indonesia masih cukupi tinggi. “Sepuluh juta kesempatan kerja yang akan diciptakan untuk 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Membuka secara Resmi Acara Pameran Kesempatan Kerja atau Job Fair kali ini oleh Kepala dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY yakni Dr. Andung Trihadi Santosa,M.Kes sekaligus simbolisasi Pemukulan Gong. Job Fair kali ini juga bekerja sama dengen Cendi UIN Sunan Kalijaga dan IKA SUKA. Terlihat hadir di acara pembukaan Job Fair IKA FISHUM 2018 Dr. Phil. Sahiron, M.A selaku Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Perencanaan dan Keuangan, Jajaran Dekanat FISHUM, Staff Kependidikan FISHUM, serta beberapa calon pelamar di acara Job Fair. (tri)