FISHUM Gelar Workshop on Academic Reference for Research Purposes

Tri Dharma Perguruan Tinggi mengharuskan para akademisi di perguruan tinggi untuk mengamalkan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi satu keniscayaan. Terutama dalam bidang penelitian, maka diperlukan publikasi hasil penelitian agar dapat dimanfaatkan baik dalam hal akademik maupun praktis oleh masyarakat umum, untuk itu pentingnya penyusunan dokumen penelitian yang memiliki kualitas baik. Di antara dokumen penelitian yang baik diantaranya harus memiliki reference yang baik dan berkelanjutan dari penelitian-penelitian sebelumnya. Selain itu tuntutan akan peningkatan kualitas publikasi yang menjadi syarat untuk UIN Sunan Kalijaga menuju world class university harus terpenuhi.

Mendukung hal ini, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga baru saja menyelenggarakan Workshop on Academic Reference for Research Purposes, Kamis (19/8) pagi. Dengan mengundang Wahyani, Wahyani, S.Ag., S.I.P., M.I.P. (Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga) sebagai narasumber, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala UPT Perpustakaan, Dra. Labibah Zain, MLIS., dan juga dosen FISHUM. Kegiatan workshop disiarkan secara langsung dari Interactive Studio FISHUM melalui platform Zoom Meeting dan Live YouTube.

Handini, M. Ikom., selaku ketua panitia menegaskan bahwa dosen juga dituntut untuk melakukan penelitian di samping pengajaran, sehingga diperlukan sebuah academic reference yang baik. Beliau berharap kegiatan ini mampu menjadi suatu ekosistem bagi dosen untuk melakukan riset dengan baik. Beliau juga mengapresiasi dukungan perpustakaan dalam membantu civitas akademika melakukan penelitian.

Sambutan sekaligus membuka kegiatan Workshop on Academic Reference for Research Purposes, disampaikan langsung oleh Dr. Mochamad Sodik, S. Sos., M. Si., selaku dekan FISHUM. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa tradisi seorang civitas akademik adalah bagaimana bisa memaksimalkan dan memanfaatkan referensi dengan baik, sehingga sebuah rujukkan dinilai penting dalam lingkungan penelitian. "Apa yang kita tulis adalah akumulasi dari pengetahuan yang sangat banyak," ungkapnya.

Kemudian, pemaparan materi disampaikan oleh Wahyani, S. Ag., S. I. P., M. I. P. Beliau menyampaikan kepedulian perpustakaan akan penelitian ialah melalui pengembangan koleksi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh civitas akademika. Pada kesempatan ini pula, Wahyani mempraktikkan tata cara untuk mengakses koleksi elektronik atau database e-journal dan e-book dari beberapa penerbit atau pengumpul yang sudah dilanggankan oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Ida Hadna, selaku Koordinator Bidang Pengembangan Koleksi juga menambahkan informasi mengenai kebijakan pengembangan perpustakaan yang berimbas pada layanan perpustakaan.

Di akhir sesi, Wahyani mengajak kepada seluruh peserta workshop untuk mem-follow akun sosial media perpustakaan. "Jangan lupa follow Instagram @perpusuinyogyakarta, karena semua update informasi kami sampaikan melalui akun sosial media," ajaknya. (nabila/tim kreatif)

Berita Terpopuler