Seminar Kebangsaan: Pemuda Menjawab Tantangan Global

Seminar Kebangsaan dengan tema “Pemuda Menjawab Tantangan Global” adalah Sebagai bentuk rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) ke-16 beserta semarak kemerdekaan Republik Indonesia ke -76. Acara yang dimoderatori oleh Dr. R. Rachmy Diana, M.Psi. selaku dosen Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dengan narasumber Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A. selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga dan Dr. H.M. Asrorun Ni’am Sholeh, M.A. selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, KEMENPORA. Jum’at (27/8).

Rektor Al Makin menekankan bahwa edukasi sangat penting bagi pemuda dan beliau mengungkapkan pentingnya belajar dan membaca terutama bagi mahasiswa sehingga tidak hilang arah dan tujuan serta dapat memahami makna pergerakan dan perubahan. Dalam pemaparan materinya beliau menjelaskan kembali seputar sejarah masa lalu serta mengungkapkan bahwa dimasa awal kemerdekaan terdapat kelompok-kelompok yang menjadi pelopor yaitu kooperasi dan non-kooperasi meskipun demikian tetap memiliki tujuan yang sama yaitu untuk merdeka. “Kooperasi artinya bekerjasama dengan Belanda untuk meraih kemerdekaan sedangkan non kooperasi adalah meraih kemerdekaan tanpa bekerjasama dengan Belanda.” Jelas beliau.

Sedangkan, Deputi Ni’am mengungkapkan bahwa pemuda seharusnya memiliki peran penting terutama di masa pandemi seperti ini, beliau mengajak agar mahasiswa khususnya yang berada di UIN Sunan Kalijaga dapat berperan penting dan bergerak untuk menjadi agen perubahan masa depan. Tak hanya itu beliau mengungkapakan bahwa sebagai suatu gerak perubahan maka diperlukan untuk mempertahankan nilai-nilai lama yang baik, mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik, melakukan penemuan dan inovasi menuju kondisi lebih baik dan lebih baik.

Seminar ini berjalan dengan khidmat dan lancar, dengan harapan para pemuda dapat membuat perubahan besar untuk Indonesia dengan semangat patriorisme dan semangat menuju perubahan yang lebih baik. Pemuda harus siap menjalankan peran sebagai pemimpin dan untuk dipimpin nantinya, serta perbanyak membaca dan bersosialisasi agar dapat melihat sisi positif dari segala sesuatu. Jangan menunggu dan lakukanlah perubahan baik sekecil apapun karena itu akan menjadi suatu gerakan baik di masa yang akan datang.

Saat memberikan sambutan dan membuka acara, Dekan Fakultas Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. menekankan bahwa yang terpenting dari sebuah acara adalah implementasi dan perilaku sehari-hari, bahwa mahasiswa sebagai pelopor dan teladan kebaikan. Hal sendada juga disampaikan oleh ketua panitia Dies Natalis Ahmad Zuhri M.Ikom. Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini sangat relevan bagi mahasiswa sebagai suatu gerakan perubahan, social, dan control. “kami berharap dengan adanya webinar ini dapat meningkatkan patriorisme dan nasionalisme serta semangat kita sebagai pemuda dan penerus bangsa negara ini.” Ungkap beliau.

Kegiatan ini dihadiri oleh 280 peserta zoom meeting dari berbagai kalangan dan universitas, terlihat antusias yang sangat besar sejak awal hingga saat sesi Tanya jawab, terdapat berbagai macam pertanyaan-pertanyaan yang sangat bagus usai pemaparan materi oleh narasumber. (Devita/Ormawa)