Mahasiswa Ilmu Komunikasi Torehkan Prestasi sebagai Duta Inspirasi

Sebagai bagian dari pemuda, mahasiswa memiliki peranan untuk menawarkan solusi dan menebarkaan inspirasi. Itulah misi yang dibawa oleh Tsaqif Al Adzin Imanulloh (@tsaqifadzin), Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2017 yang berhasil menyabet predikat sebagai Juara Duta Inspirasi Jawa Tengah 2021.

Proses Pemilihan Duta Inspirasi ini dimulai dari pendaftaran yang mencapai jumlah pendaftar sebanyak lebih dari 600 orang dari seluruh Indonesia. Dari seleksi berkas, terpilih lima wakil dari tiap provinsi. Setelah proses wawancara, terpilihlah putra-putri terbaik dari 34 proviinsi di Indonesia. Setelah terpilih, peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti Virtual Coaching selama tiga bulan dengan berbagai macam tema yang dibersamai oleh pemateri berkompeten.

Dalam Pemilihan tersebut, Tsaqif mengusung program kampanye ABC (Aku #BeraniCakap) Indonesia. Program tersebut dilatarbelakangi dengan minimnya tingkat pendidikan di Indonesia, terlebih di kota kelahirannya, Wonosobo. Melalui program kampanye tersebut, Tsaqif berkeinginan untuk membawa perubahan baik bagi pendidikan di kotanya. “Semoga dengan Duta Inspirasi ini, membawa semangat baru untuk saya lebih memberi dampak kepada masyarakat,” tuturnya.

Motivasi terbesarnya mengikuti ajang ini ialah ingin menorehkan prestasi sebelum menamatkan studi. Dengan tekadnya inilah ia akhirnya mendapat predikat Pemenang Duta Inspirasi Jawa Tengah 2021. Meski begitu, ia sempat mengalami rasa cemas akibat mengahadapi saingan-saigan yang begitu berat. Sebab, pada saat proses voting, ditampilkan pula 10 prestasi sebagai penunjang penilaian. “Saya sempat takut karena prestasi mereka jauh lebih hebat,” ujar Tsaqif.

Ke depannya, Tsaqif berharap, ia dapat menginspirasi banyak anak muda dengan program dan potensi yang ia miliki. Ia tak mau dengan adanya pandemi menurunkan semangat anak muda dan mahasiswa. Pengalaman ini membuat Tsaqif ingin menularkan semangatnya kepada generasi millenials, khususnya mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.