Expose Sociopreneur 2018 : Revolution 4.0

Mahasiswa Sosiologi kembali menggelar Expose Sociopreneur 2018 (29/10/2018). Tahun ini, Expose Sociopreneur kembali digelar oleh mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) angkatan 2016. Mengangkat tema Revolution 4.0 (Revolusi 4.0), Expose Sociopreneur tahun ini menjadi tahun ketiga sejak 2014 lalu.

Expose Sociopreneur merupakan hasil dari mata kuliah kewirausahaan yang dibimbing oleh Dr. Yayan Suryana M.Ag. Berlangsung selama 3 hari yakni 29-31 Oktober 2018, acara ini diselenggarakan di halaman Fakultas FISHUM dan di ruangan Interaktif Center (IC). Acara ini menyajikan banyak stand expo yang menyajikan berbagai produk seperti buku, makanan, minuman serta kosmetik dan masih banyak lagi.

Expose tahun ini ada banyak kegiatan seperti seminar, Sharing Session, Talkshow, dan Closing Party. Di hari pertama, expose sosiologi dihadiri oleh Dekan FISHUM Dr. Mohammad Sodik., M.Si. “Acara seperti ini sangat bagus untuk media pelatihan mahasiswa untuk mempunyai jiwa Enterpreuner yang kuat. Hal ini bisa juga dijadikan untuk mempersiapkan secara matang untuk menatap revolusi industri 4.0,” tuturnya saat membuka acara. Beliau juga menjelaskan bahwa mahasiswa sosiologi sebenarnya sudah memiliki modal dalam dunia kewirausahaan atau enterpreuner, yakni kajian terkait dengan masyarakat.

Dr. Yayan Suryana selaku Dosen Pembimbing mata kuliah ini juga ini juga berharap bahwa adanya Expose Sociopreneur mampu memberi pengetahuan baru bagi mahasiswa Sosiologi. “Expose tahun ini adalah gambaran Expose tahun lalu, dan gambaran expose tahun depan terlihat dari penyelengaran tahun ini karena itu mari saya mengajak semua untuk mensukseskan hajatan sosiologi ini,” jelasnya.

Hari pertama, acara diisi dengan Sharing Season yang mengambil tema “Tips Meraih Beasiswa Kuliah ke Luar Negri” yang diisi oleh Achmad Zainal Arifin Ph.D dan Ahmad Uzair S.I.P., M.A., Ph.D. Hari kedua (30/10/2018), Expose 2018 diisi dengan seminar yang mengangkat tema “Membangun Jiwa Sociopreneur Berbasis Digital Marketing” yang dihadiri oleh narasumber imam syafii (Fasilitator Gapura Digital) serta Arin Mamlakah Kalamila,M,A ( Dosen Fakultas Dakwah).

Dalam seminar ini para narasumber menceritakan bagaimana mereka dulu membangun usahanya dari awal sampai bisnis mereka jadi besar. Serta memberikan motivasi untuk para mahasiswa yang hadir untuk menumbuhkan jiwa preneur-nya untuk di explore dan pengembangan. “Sebagai seorang Sosiolog dan pegiat sosial menjadi modal emas untuk kita karena kita bisa melihat fenomena sosial di masyarakat. Keilmuan kita bisa membantu mereka minimal action dalam Socipreuner yang membuka lapangan pekerjaan,” ujar Arin.

Setelah acara seminar selesai dilanjutkan oleh acara Talkshow yang dihadiri oleh owner hens auto car hendra sebagai narasumber yang berlangsung di taman FISHUM. Di hari terkahir, Expose Sociopreneur 2018 yang di ketuai oleh Irfan, juga mengadakan closing party yang menampilkan penampilan dari grup musik Sekawan Gangsal dan Kakek Junskin. (syamsul/-tri)