Pelatihan Soft Skill Mahasiswa Bidikmisi : Mengelola Diri, Raih Sukses Masa Depan

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pelatihan Soft Skill (30/11/2018). Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa Bidikmisi FISHUM baik angkatan 2015, 2016, 2017, maupun 2018. Mengambil tema Mengelola Diri, Raih Sukses Masa Depan kegiatan pelatihan ini berlangsung di Interactive Center FISHUM.

Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si Dekan FISHUM dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini harus mempu untuk melahirkan semangat. Khususnya bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi untuk mengelola diri dalam meraih sukses masa depan.

“Era industri 4.0 itu menjadikan ijazah itu penting tapi tidak mutlak. Maka menjadi penting untuk mahasiswa memiliki soft skil,” tuturnya. Beliau juga menyatakan bahwa keterbatasan yang ada seharusnya tidak menjadi rintangan bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi. Karena bagaimanapun, keterbatasan bahkan seringkali menjadi suatu kekuatan.

“Ada banyak UKM sebagai wadah kegiatan mahasiswa. Semakin banyak kegiatan maka mahasiswa akan semakin produktif. Bagaimanapun, pengetahuan disusun oleh pengalaman hidup. Maka, sebagai mahasiswa anda harus menjadi bagian penting dalam perubahan,” imbuhnya.

Kegiatan ini diisi oleh beberapa narasumber dan terbagi menjadi dua sesi. Pertama sesi yang diisi oleh Miftahun Nikmah Suseno, S.Pd., M.Si., Psikolog dengan materi proaktif dan goal setting. Salah satu Dosen Psikologi FISHUM. Dalam materinya, beliau menjelaskan bagaimana mahasiswa bisa menciptakan goal atas rencana-recana dalam hidupnya. Mahasiswa juga tidak boleh memiliki rasa putus asa, dan harus paham betul bahwa hidupnya merupakan bagian dari tanggung jawabnya kepada orang lain. Baik orang tua, saudara, sahabat, dan masyarakat secara luas.

Selain Miftahun Nikmah, sesi pertama materi kedua diisi langsung oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FISHUM Dr. Sulistiyaningsih S.Sos., M.Si., dengan materi manajemen waktu dan aktifitas. Dr. Sulistyaningsih mendukung penuh mahasiswa yang aktif, apalagi aktif di luar kelas. “Mahasiswa harus proaktif. Jangan menunda-nunda dalam melakukan sesuatu. Jangan larut dalam sebuah pekerjaan yang bukan prioritas,” tuturnya.

Sesi kedua, yang berlangsung pukul 13.00 di hari yang sama diisi langsung oleh Pihasniwati, S.Psi, M.A., Psikolog, Dosen Psikologi FISHUM. Dalam materinya, Pihasniwati, S.Psi, M.A menyampaikan materi terkait dengan manajemen stress. Bagaimana mahasiswa mampu mengelola emosi dan masalah sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Terlihat hadir dalam pelatihan kali ini Dra. Budhi Susilowati selaku Kepala Bagian Tata Usaha. (tri)

Berita Terpopuler