Pelepasan Calon Wisudawan/Wati Periode II Tahun Akademik 2018/2019

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pelepasan Calon Wisudawan/Wati Periode II Tahun Akademik 2018/2019 (12/02/2019). Bertempat di Interactive Center (IC) FISHUM, pelepasan ini merupakan acara lanjutan dari pembekalan yang dilakukan kemarin (Rabu, 06/02/2019). Serta prosesi Wisuda yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Februari 2019.

Husni Mubarok, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi menjelaskan bahwa selama dirinya menjadi mahasiswa, banyak pengalaman yang ia dapatkan. “Saya berdiri di sini untuk mewakili teman-teman. Kami ingin mengucapkan terimkasih yang telah membantu proses pembelajaran di FISHUM. Yang telah dengan sabar membagi ilmu pengetahuan. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing kami. Khusus untuk DPS saya Ibu Dr. Marfuah,” tutur calon wisudawan dengan predikat lulusan terbaik periode ini.

Menurutnya lagi, dibalik skripsi yang hebat ada pembimbing yang hebat pula. Mewakili teman-temannya, ia juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh civitas akademika apabila selama proses mereka menuntut ilmu di Fakultas memiliki banyak kesalahan. “Semoga Ilmu kami menjadi barokah dan bisa bermanfaat bagi banyak orang,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil dari orang tua. Kali ini, perwakilan dari orang tua diisi oleh Bapak H. Hasyim Mansur yakni orang tua dari Husni Mubarok. “Semoga jerih payah bapak ibu semua menjadi amal jariyah dan diterima di sisi Allah. Kami juga meminta maaf yang sebesar-besarnya pada bapak ibu dosen apabila selama masa kuliah anak kami banyak merepotkan bapak ibu dosen,” jelasnya saat memberi sambutan.

Sementara itu, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada semua calon wisudawan/wati yang besok (Rabu, 13/12/2019) akan resmi diwisuda. Menurutnya, proses wisuda menjadi bagian penting dari awal mahasiswa memasuki dunia faktual. Ilmu pengetahuan yang selama ini diperoleh dikelas, sudah harus diaplikasikan untuk masyarakat luas. Beliau juga menganalogikan keberadaan negara Madinah sebagai sistem. Sebagai sistem, negara hari ini yang paling cocok untuk disebut negara Madinah ialah Indonesia. “Beberapa aspek penting itu ada di Indonesia mulai dari sistemnya dan keragamannya,” tuturnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa kedepannya menjadi PR kita semua untuk mempertahankan dan membuktikan apakah sistem negara Madinah benar-benar ada di Indonesia. “Kami yakin, dengan pengetahuan yang dimiliki anda akan menjadi bagian penting dalam perkembangan kajian keislaman dan keindonesiaan,” imbuhnya lagi. Beberapa hubungan yang sudah tidak relefan dilakukan hari ini untuk menciptakan intergasi ialah hubungan konflik dan independen. Sedangkan aspek lainnya yang perlu ditonjolkan ialah hubungan dialog.

“Yang perlu dikembangkan ialah hubungan dialog. Ilmu dan agama harus terus berdialog. Bagaimana kita menempatkan Islam sebagai etos profetis. Tetapi pada satu sisi, kita juga yakin bahwa ayat-ayat kauniah harus kita gali terus menerus. Insyaaallah alumni uin mampu mengembangkan ini. Ini menjadi tanggungjawab mas mba semua,” imbuhnya lagi.

Menurut laporan hasil rekapitulasi yang dibacakan oleh wakil dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si., calon wisudawan/wati periode ini sebanyak 55 orang. Psikologi sebanyak 15 orang, laki-laki 6 orang dan perempuan sebanyak 9 orang. Prodi Sosiologi sebanyak 20 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Sedangkan dari Ilmu Komunikasi sebanyak 20 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Calon wisudawan/wati yang memperoleh predikat pujian sejumlah 10 orang. Prodi Sosiologi 3 orang dan dari Ilmu Komunikasi 7 orang.

Piagam penghargaan bagi penyusunan skripsi terbaik Prodi Psikologi, Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Sosiologi. Ahmad Qomarudin Zain dari Prodi Psikologi dengan IPK 3,24 dengan judul skripai Hubungan Antara Kontrol Diri dan Konformitas Dengan Perilaku Bullying pada Siswa SMA (X) di Sleman. Dari Prodi Sosiologi ada Eliyah dengan IPK 3.60, judul skripsi Pemuda dan Sosial Enterpreunership, Studi pada Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Dari Prodi Ilmu Komunikasi penyusunan skripsi terbaik diraih oleh Fatimah Bilqis, IPK 3,72 dengan judul skripsi Penggunaan Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Deskriptif Kualitatif pada Klinik Kopi Yogyakarta). (tri)

Berita Terpopuler