Rapat Kerja Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Tahun 2019

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) menyelengarakan Rapat Kerja Tahun 2019 di Hotel Puri Asri Magelang (15-17 Februari 2019). Acara ini dihadiri oleh Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si , Dr Erika Setyanti Kusumaputri,S.Psi,M.Si (Wakil Dekan Bidang Akademik), Dr. Sabarudin,M.Si (Wakil Dekan Bidang AUK ), Dr. Sulistyaningsih,S.Sos,M.Si ( Kemahasiswaan,Alumni dan Kerjasama), Dra. Budhi Susilowati,M.A (Kepala Bagian Tata Usaha) , Dra. Tri Agustin N (Kasubag Bidang akademik), Enny Iroh Hayati,S.E,M.Si ( kasubag Bidang AUK), para Kaprodi sekprodi, ketua Penjamin Sistem Mutu Fakultas (PSMF), para Penjamin Sistem Mutu Prodi (PSMP) , Para Ketua Pusat Studi : APC (Applied Psychology Center MoGA (Moslem Global Affair Insitute), ComTC (Communication Training Center), NIAFS (Network Indonesia-Australia Family Studies), UPP (Unit Pelayanan Psikologi ), Internasional Office FISHUM, para pengelola Laboratorium di tiap Prodi, para pengelola jurnal di Tiap Prodi serta perwakilan Staf kependidikan. Acara ini juga dihadiri oleh Drs. H. HAndarlin Umar sebagai Kabiro AUK.

Dalam sambutannya, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si Dekan FISHUM memberikan apresiasi terhadap tagline “FISHUM Muda Terkemuka”. Tagline ini sudah nampak terlihat dari akreditasi A yang telah diraih oleh 2 Prodi yakni Ilmu Komunikasi dan Sosiologi. Psikologi proses menuju unggul dengan sistem 9 kriteria.Mochamad Sodik juga memberikan penjelasan bahwa Gedung FISHUM pada awalnya merupakan Gedung perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga, sehingga untuk perbaikan sarpras Gedung FISHUM sangat diperlukan. "Alhamdulilah untuk akhir 2018 semua hampir tuntas" tuturnya.

Mochamad Sodik juga memberikan masukan kepada segenap civitas FISHUM untuk mengisi kurikulum tidak mengikuti arus utama. FISHUM harus memulai nalar atau perspektif irfani yang membedakan dengan kampus besar lainnya sehingga memiliki ke khasan. Intelektualisme ada di Jogja, sehinga FISHUM harus digerakkan ke arah sana. Dosen yang baru tidak hanya paham administrasi tetapi intelektualitas. Produk dosen baru dari alumni FISHUM sendiri, akan dijadikan penilaian integrasi-interkoneksi keberhasilan sampai dimana.

Beliau menegaskan, pada era 4.0 saat yang tepat untuk evaluasi kurikulum. Secara urusan administrasi, sudah selesai di FISHUM karena tidak ada temuan di AMI, yang perlu diperhatikan urusan kurikulum. Perguruan tinggi yang besar biasanya akan ada pembeda. sebagai dosen dan tenaga kependidikan yang diberikan amanat untuk menuju dunia baru sehingga perlu membekali perspektif infani.

Acara selajutnya adalah sambutan dilanjutkan pembukaan raker oleh Drs. H. Handarlin Umar sebagai Kabiro AUK. Handarlin menegaskan raker adalah kegiatan yang penting untuk mengawali di awal tahun kerja. Raker penting untuk mengawali tahun, mengingatkan kembali visi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Yang menjadi penting adalah mengetahui target UIN dulu, unggul dan terkemuka. Kegiatan yang disusun tidak boleh keluar dari visi. Banyak perencanaan yang tidak sesuai dengan visi, kegiatan terus berlangsung dan tidak berubah. Karena ingin unggul dan terkemuka, seharusnya bisa menyusun kegiatan-kegiatan yang mengarah menuju internasionalisasi. Kegiatan awal yang penting dilakukan adalah mengidentifikasi kegiatan FISHUM menuju internasional. Handarlin mentarget paling tidak persentase untuk tahun 2019, adalah sebesar 30-40 % kegiatan menuju internasionalisasi. Unggul juga termasuk penguasaan IT dan sarana perlu dilengkapi. Sekarang untuk peningkatan penguasaan IT untuk kemampuan SDM, dengan mengirimkan 4 orang ke Batam belajar tentang IT. Handarlin kembali menegaskan, menyusun indicator kegiatan apapun harus ingat visi UIN Sunan Kalijaga.

Handarlin mengutarakan bahwa raker adalah rapat dan bekerja seharusnya sedikit narasumber. Raker tahun 2019 harus menentukan tujuan dan target kemudian dibuat rencana aksinya/action plan untuk mencapainya. Raker juga penting untuk menentukan komitmen bersama. Acara pembukaan diakhiri dengan pembukaan Raker oleh Drs. H. Handarlin Umar. Seusai acara pembukaan Raker dilanjutkan pemaran Kegiatan Tahun 2019 dan rencana Kegiatan Tahun 2020 oleh Dekanat, Kaprodi , PSMF dan PSMP, Para pengelola Laboratorium, Para Pengelola Jurnal dan para pengelola Pusat studi, serta Internasional Office FISHUM. Seusai Pemaparan dilanjutkan dengan sidang Komisi Tiap Bidang (Akademik, AUK, Kemahasiswaan,Alumni dan Kerjasama) dan penetapan hasik Rapat Kerja oleh Wakil Dekan Bidang AUK. Acara rapat kerja FISHUM diakhiri dengan penutupan oleh Dekan FISHUM. (Agus)

Berita Terpopuler