Meneguhkan Laboratorium Sosiologi Dalam Kajian Keislaman dan Keberagaman

Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan Rapat Kerja sekaligus pergantian pengurus (23/02/2018). Mengangkat tema Meneguhkan Laboratorium Sosiologi Dalam Kajian Keislaman dan Keberagaman, acara ini dilaksanakan di Kurnia Village Yogyakarta. Tema ini diharapkan menjadi acuan bagi perogram kerja yang akan dilaksanakan oleh Laboratorium Sosiologi.

Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D Kaprodi Sosiologi saat membuka acara dan memberi sambutan berharap bahwa kedepan, keberadaan Lab Sosiologi bisa lebih baik dari pada kepengurusan sebelumnya. “Saya hanya ingin menyampaikan hal terkait prodi. Biar selaras dengan apa yang ada di prodi sosiologi. Yang perlu di ingat, karena tahun ini 2019 merupakan tahun pertama segala kegiatan yang di prodi,” tuturnya.

Hal penting yang harus dikerjakan oleh Laboratorium (Lab) Sosiologi sebenarnya ialah mengadakan kegiatan mahasiswa secara masif. Baik tingkat nasional dan international. “Akhir 2021 submit borang akreditasi. Maka, kegiatan yang dilakukan sudah dari tahun 2019. Saya berharap ada output yang jelas, terkait dengan dokumen. Direncanakan saja dari awal, sambil menyerahkan satu bunga rampai. Hasil kerja pengurus lab di akhir kepengurusan nanti,” imbuhnya lagi.

Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si. selaku Sekertaris Prodi Sosiologi juga merasa bangga dengan semangat pengurus Lab Sosiologi. Senada dengan Kaprodi, Sekertaris prodi juga mendorong adanya program kerja Lab Sosiologi yang bisa membantu akreditasi Prodi. “Dalam akreditasi nanti, akan mengajukan 9 standar. Yang intinya output semua. Lab harus ada output yang jelas. Tapi lab ini juga saya sarankan bisa membuat film dokumenter,” jelasnya.

Beliau juga berharap, pengurus lab sosiologi tahun 2019 bisa menerapkan perilaku cendekiawan dalam setiap program kerja . Beberapa perilaku cendekiawan yang beliau maksud yakni tentang pendidikan, perilaku, lingkungan, kesejahteraan dan lain sebagainya. “Poinnya, kita di tahun ini tidak ada agenda yang terlewatkan. Semoga akan lebih maju lagi. Dan tentunya selalu bersinergi dan membangun komunikasi yang baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Dr. Muryanti M.A selaku direktur Lab Sosiologi menjelaskan bahwa kepengurusan Lab setahun kebelakang lebih banyak memproduksi pengetahuan. “Kedepan, Lab memiliki tugas yang berat. Selama kepengurusan, saya kira lebih banyak ke kajian keilmuan. Alhamdulillah, literasi buku bisa secara konsisten kita lakukan,” jelasnya. Meskipun begitu, beliau juga berharap, Lab tahun ini bisa lebih mandiri terutama dalam hal pendanaan di setiap agenda.

Tidak hanya Rapat Kerja, acara kali ini juga memiliki ketua dan pengurus harian Lab Sosiologi yang baru. Ketua terpilih hasil dari musyawarah mufakat dari forum ialah Ines Dyah, mahasiswa Sosiologi angkatan 2017. Terlihat hadir dalam acara ini Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Yayan Suryana, M.Ag dan Ambar Sari Dewi, S.Sos, M.Si selaku Dosen Sosiologi. Selain itu, hadir pula ketua HM-PS Sosiologi Mustofa dan perwakilan dari Sosiologi angkatan 2016. (tri)

Berita Terpopuler