FISHUM UIN Sunan Kalijaga Terima Penghargaan Mitra LPKA dari KEMENKUMHAM

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), UIN Sunan Kalijaga menerima penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Propinsi DIY. Penghargaan dari Dirjen Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumhan Propinsi DIY ini diberikan kepada FISHUM sebagai mitra kerja Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) atas pemberian bantuan dan dukungan pemenuhan Hak Anak. Penyampaian penghargaan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah kementerian Hukum dan Ham, pada upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Yogyakarta, (27/04/2019).

“Penghargaan yang kami terima dari Dirjend Pemasyarakatan Kemenkumham, merupakan sebuah pengakuan pihak luar terhadap usaha dan prestasi kita. Tim Ibu WD III FISHUM, yakni Dr. Sulistayningsih dan Prodi Psikologi telah memberikan komitmen dalam proses pemenuhan hak anak di Lapas Anak, bersama mitra strategis,” tutur Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si.

Dekan FISHUM sangat berbahagia dengan adanya penghargaan ini. “Kita menyadari, anak-anak adalah masa depan kita, yang harus terus menerus kita dampingi dalam kondisi apapun. Tidak ada anak yang nakal, yang ada adalah lingkungan yang buruk, karenanya mereka harus kita berikan lingkungan yang baik. Pendidikan yang tepat dan do'a yang tulus selalu Kita panjatkan Untuk anak anak semua,” Imbuhnya..

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Sulistyaningsih, S. Sos., M.Si., bersama timnya dan para mahasiswa FISHUM telah memberikan komitmen dalam proses pemenuhan hak anak di Lapas Anak, bersama mitra strategis.

Dr. Sulistyaningsih barharap, dengan penghargaan yang diterima kali ini menjadi penyemangat dalam rangka mengimplementasi Tri Darma Perguruan Tinggi yang semakin inten dan produktif, terutama kegiatan-kegiatan yang punya dampak positif bagi kemajuan masyarakat luas.

Selain FISHUM UIN Sunan Kalijaga, penghargaan dari Kanwil Kemenkumham diberikan pula antara lain kepada: Bupati Sleman, Sri Purnomo, sebagai unit pelaksana teknis pemasyarakatan, atas dukungan dan bantuannya dalam mewujudkan pelaksanaan tugas di Lapas Kelas IIB Sleman. Kepada Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono atas pemberian bantuan dan dukungan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta.

Fakultas Psikologi UGM, Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Gunungkidul, dan tim pengabdian kepada masyarakat UGM, mendapat penghargaan sebagai mitra LPKA Yogyakarta.

Penghargaan juga diberikan kepada unit pelaksana teknis beserta pimpinannya yang berprestasi. Diantaranya kepada; Lapas Kelas IIA Yogyakarta sebagai UPT terbaik dalam pelaporan sistem database pemasyarakatan, Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta sebagai UPT paling rutin melakukan razia, Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas IIB Wates sebagai UPT terbaik dalam pelaporan bulanan administrasi umum, Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta sebagai UPT yang menerapkan kebersihan dan kerapihan kerja, Rutan Kelas IIB Bantul sebagai UPT berkinerja terbaik, Rutan Kelas IIB Wates sebagai UPT terbaik dalam pelaporan bulanan administrasi keuangan, LPKA Yogyakarta sebagai UPT teraktif dalam menjalin kerjasama dengan instansi lain, Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto, sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis yang berprestasi. (Tri)

Berita Terpopuler