Unit Pelayanan Psikologi (UPP) adakan “Workshop Brief Therapy”

Unit Pelayanan Psikologi (UPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora ( FISHUM) yg diketuai oleh Mayreyna Nurwardhani, M.Psi., Psikolog, bekerjasama dg Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora mengadakan “Workshop Brief Therapy” yang diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 30 hingga 31 Januari 2021. Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting, yangdibuka oleh Ketua Prodi Psikologi mewakili bapak Dr. Mochamad Sodik., M. Si selaku Dekan FISHUM, dan dihadiri oleh Dosen Psikologi, Tim Unit Pelayanan Psikologi (UPP), dan mahasiswa psikologi angkatan 2017 serta 2018. Acara workshop yg diketuai oleh Fitriana Widyastuti, M. Psi., Psikolog berjalan lancar dan diikuti dg penuh antusias.

Narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Prof. Kwartarini Wahyu Yuniarti, M.MedSc., Ph.D. (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada) dan di moderatori oleh Ratna Mustika Handayani, M.Psi., Psikolog (Dosen Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga). Ketua Panitia dalam kegiatan ini adalah Fitriana Widyastuti, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Dosen Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga).

Kegiatan workshop di hari pertama ini dimulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 16.00. kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Lisnawati, M.Psi, Psikolog selaku Kepala Program Studi Psikologi. Setelah sambutan tersebut, dilanjutkan dengan pemaparan materi Brief Therapy oleh narasumber dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Di hari pertama ini, peserta workshop diberikan tugas dan dikumpulkan kepada panitia acara.

Di hari kedua workshop yang dimulai pukul 13.00 hingga 17.00, diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Dr. Mochammad Sodik, S.sos., M.Si. selaku Dekan FISHUM. Kegiatan penyampaian materi oleh narasumber di hari kedua ini disertai dengan praktik relaksasi secara mendalam. Praktik relaksasi ini diharapkan dapat diterapkan oleh masing- masing individu dari peserta workshop nantinya. Namun, praktik relaksasi mendalam ini tidak diperbolehkan oleh narasumber apabila dipraktikkan oleh mahasiswa untuk diberikan kepada orang lain, dikarenakan praktik relaksasi ini hanya boleh diberikan oleh psikolog. Kegiatan Workshop Brief Therapy yang dilaksanakan selama 2 hari ini memberikan dampak positif bagi para peserta, serta mampu melatih peserta agar yakin terhadap impian yang ingin dicapainya melalui terapi yang diberikan. (Indira prasasti)

Liputan Terpopuler