“Sharing Session: Student Leadership Excursion???”

Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (SEMA FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan Sharing Session Ormawa (21/12/2018). Sharing Session kali ini dibuka langsung oleh Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan. “Ini yang pertama kegiatan international untuk Ormawa. Harapannya ini akan menjadi agenda rutin tiap tahun. Dari program ini kita bisa belajar bagaimana model menajemen kemahasiswaan. Semoga, banyak mahasiswa FISHUM yang bisa ke luar negeri sebelum sarjana,” tutur Dr. Sulistyaningsih.

Acara ini diisi oleh Taufik Hidayat selaku Ketua Senat Mahasiswa dan dimoderatori oleh Tri Mulyani. “Melihat satu kepemimpinan dalam organisasi internal kampus baik itu yang sering disebut DEMA (Dewan Mahasiswa), SEMA (Senat Mahasiswa), HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) maupun yang lainnya, pasti memiliki pola organisasi atau suatu pola kepemimpinan di setiap periode. Hal itu biasa terjadi dikarenakan setiap individu memiliki gaya dan potensi masing-masing. Karena adanya itu, maka kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan Student Leadership Excursion di negara Singapura dan Malaysia,” jelasnnya.

Peserta yang mengikuti program ini merupakan ketua Organisasi Mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Setelah melakukan pembelajaran tentang pola organisasi di Singapura dan Malaysia, mereka diharapkan mampu membawa hal-hal positif maupun sistem yang sekiranya dapat diterapkan untuk kepengurusan organisasi internal kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta agar nantinya bisa menjadi lebih baik lagi.

“Maka, Sharing ini bertujuan untuk bertukar pengalaman terkait dengan kepemimpinan Ormawa. Terutama kepemimpinan Ormawa sebelumnya yang bisa menjadi tolak ukur dan pertimbangan bagi pengurus selanjutnya. Terutama saat mereka berkunjung ke Singapura dan Malaysia untuk melakukan studi banding demi menciptakan Ormawa yang produktif. Ormawa FISHUM yang diharapkan mampu memperkuat Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora menjadi Fakultas yang Muda dan Terkemuka,” imbuhnya. (tri)

Liputan Terpopuler