Evaluasi Kesiapan Prodi Psikologi FISHUM dan Rencana kerja Implementasi 9 Kriteria BANPT

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan koordinasi kesiapan akreditasi Program Studi Psikologi dengan borang 9 standar (7/022019). Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Lantai II FISHUM. Terlihat hadir dalam cara ini Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., Dr. M. Fakhri Husein, S.E, M.Si selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga, Dr. Erika S Kusumaputri,S.Psi,M.Si sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Sulistyaningsih, M.Si selaku Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama. Turut hadir pula Ketua Prodi Psikologi, Retno Pandan Arum K,S.Psi,M.Si, Sekretaris Program Studi Psikologi, Lisnawati,S.Psi,M.Psi , Ketua PSMF , Dra. Marfuah Sri Sanityastuti,M.Si, para PSMP : R. Rachmy Diana,S.Psi,M.A, Rika Lusri Virga,M.Si , Astri Hanjarwati,S.Sos,M.Si dan Tim Persiapan Akreditasi Program Studi Psikologi.

Dalam sambutannya Mochamad Sodik berharap dengan proses menuju akreditasi ini akan membawa kebaikan bagi segenap civitas Program Studi Psikologi yang semoga mendapatkan nilai akreditasi maksimal. Setelah sambutan yang dilakukan oleh Dekan FISHUM, masuk pada acara inti evaluasi kesiapan Program Studi Psikologi berdasarkan dokumen yang telah di isi dan diserahkan ke LPM. Evaluasi kesiapan dipimpin langsung oleh Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si selaku Ketua LPM. Evaluasi dilakukan dengan melihat setiap standar dan dokumen yang telah diisikan ke dalam tabel dalam borang akreditasi.

Dari standar 1 sampai 9, secara garis besar berdasarkan data-data yang diisikan dalam tabel menunjukkan kesiapan Prodi Program Studi Psikologi untuk proses akreditasi meski ada beberapa catatan yang harus dilakukan dalam waktu dekat. Hal-hal yang perlu disiapkan dalam waktu dekat diantaranya Program Studi Psikologi harus meningkatkan MOA terkait kegiatan dengan kampus luar negeri, pelaksanaan tracer alumni secara periodik, meningkatkan prestasi mahasiswa dalam kancah kompetisi dan mengidentifikasi proses pembelajaran yang melibatkan hasil riset atau penelitian.

Dr.M. Fakhri Husein,S.E,M.Si., berharap persiapan akreditasi Program Studi Psikologi bisa dijadikan pilot percontohan untuk Program Studi lainnya di UIN Sunan Kalijaga. Mengingat akreditasi Program Studi dengan 9 standar kriteria merupakan hal yang baru dan harus dilakukan oleh segenap prodi yang akan melakukan proses akreditasi ke depan. Dr. M. Fakhri Husein,S.E,M.Si juga mengingatkan untuk saling membagikan pengalaman dan informasi terkait persiapan akreditasi borang 9 standar antar Prodi di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Agus)

Liputan Terpopuler