Pembinaan Bagi 15 CPNS Dosen FISHum

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) UIN Sunan Kalijaga mengadakan pembinaan bagi 15 CPNS Dosen. Berlangsung Selasa, 16 Juli 2019, kegiatan pembinaan ini sekaligus ucapan selamat datang serta perkenalan dengan pimpinan yakni Dekanat, staff tenaga kependidikan, Kaprodi dan beberapa Dosen sebelumnya.

Pembinaan ini merupakan kegiatan lanjutan setelah penyambutan CPNS Dosen Baru dilakukan tanggal 23 Mei 2019 lalu. Dipimpin dan dibuka langsung oleh Dra. Budhi Susilowati,M.A. selaku Kepala Bagian Tata Usaha FISHum. Beliau mengucapkan selamat datang dan merasa senang dengan kehadiran 15 CPNS Dosen baru di FISHum UIN Sunan Kalijaga.

Hal senada juga diungkapkan oleh Enny Iroh Hayati,S.E,M.Si selaku Kasubag Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (AUK). Menurutnya Pengangkatan dan penetapan calon pegawai negeri sipil sebagai dosen tetap prodi pada semester gasal tahun akademik 2019/2020 FISHum akann menjadi semangat baru bagi FISHum sebagai salah satu Fakultas yang terbilang muda di UIN Sunan Kalijaga.

“Saya di Fishum sudah dari 2011, dan masuk ke UIN Sunan Kalijaga ini sejak tahun 2000. Saat itu masih IAIN, jadi saya mengalami transformasi itu. Untuk formasi pertama saya di bagian PAU kemudian ketika SAINTEK berdiri saya diminta ke sana sebagai bendahara, kemudian tahun 2011 diberi amanah ke FISHum. Waktu itu bergantian dengan Bu Budhi, saya ke FISHum, Bu Budhi ke SAINTEK, begitu tahun 2011,” tutur Enny Iroh menceritakan perjalanannya.

Beliau berharap, adanya 15 CPNS Dosen baru bisa bersinergi bersama untuk kemajuan FISHum. Sehingga apabila ada hal-hal yang harus dikerjakan bersama tujuannya tidak lain adalah untuk kemajuan bersama dan untuk kemanfaatan juga bagi semuanya, sehingga FISHum tetap Muda dan Terkemuka.

Memperkenalkan ketiga Pimpinan Prodi, Dekan FISHum, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. yang juga hadir dalam pembinaan ini berharap ada banyak kemajuan pasca ditambahnya 15 CPNS Dosen di FISHum. Khususnya dalam hal akreditasi baik jurnal maupun institusi. 15 CPNS Dosen juga diharapkan bisa mengembangkan karya-karya ilmiahnya melalui tulisan-tulisan jurnal maupun buku.

“Untuk Ilmu Komunikasi, sudah mendapatkan Akreditasi A. Sosiologi juga Akreditasinya sudah A. Sedangkan untuk Psikologi Akreditasinya B tetapi sedang mempersiapkan Akreditasi dengan 9 kriteria. Mudah-mudahan akan mendapat Akreditasi A juga,” tuturnya.

Dekan FISHum juga menjelaskan bahwa dalam hal publikiasi dan Jurnal, Sosiologi tahun lalu mendapat sinta 3. Sedangkan Ilmu Komunikasi telah mendapat sinta 2 dan akan mengejar sinta 1. Sedangkan untuk prodi Psikologi sedang mengejar minimal mendapat akreditasi sinta 3. Kahadiran 15 CPNS Dosen diharapkan mampu membantu progress kemajuan yang ada di FISHum.

Hal senada juga diharapkan oleh Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Umum, Dr. Sabarudin, M.Si. Menurutnya, dalam hal akademik, 15 CPNS Dosen bisa sambal melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti S3. Karena, semakin banyak Dosen yang bergelar Doktor, maka akan semakin baik pula institusinya.

"Dengan bertambahnya dosen baru, semoga Fishum semakin kuat secara kelembagaan, dan selalu unggul dalam berkontestasi baik akademik maupun non akademik,” jelasnya

Hadir ketiga Kaprodi FISHum dalam kegiatan pembinaan ini. Retno Pandan Arum Kusumowardhani, S.Psi,M.Si,Psi selaku Kaprodi Psikologi. Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D selaku Kaprodi Sosiologi dan Drs. Siantari Rihartono, M.Si selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi. Dalam kegiatan ini, mereka saling berkenalan satu sama lain. Baik visi misi prodi maupun perjalanan progres masing-masing prodi.

Tercatat 15 CPNS Dosen baru di FISHum ialah Handini, S.I.Kom., M.I.Kom., Maya Sandra Rosita Dewi, S.Sos., M.Ikom., Rahma Attaymini, S.Ikom., M.A., Dwi Nur Laela Fithriya, S.IP., M.A., Tariq Yazid, S.I.Kom., M.A., Achmad Zuhri, M.I.Kom., untuk prodi Ilmu komunikasi. Sedangkan di Prodi Psikologi terbilang cukup banyak, yakni ada Candra Indraswari, S.Psi., M.Psi., Psi., Aditya Dedy Nugraha., S.Psi., M.Psi., Psi., Fitriana Widyastuti, S.Psi., M.Psi., Denisa Apriliawati S.Psi., M.Res., Ratna Mustika Handayani, S.Psi., M.Psi., Psi., Sabiqotul Husna, S.Psi., M.Psi., Psi., Syaiful Fakhri, S.Psi., M.Psi., dan Muslimat Hidayat, M.A. Sedangkan di Prodi Sosiologi hanya ketambahan 1 CPNS Dosen yakni B.J. Sujibto, S.Sos., M.A., karena tahun sebelumnya sudah ditambah 2 Dosen Baru. (tri)

Liputan Terpopuler