PBAK FISHUM 2019

Rangkaian Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sukses diselenggarakan selama tiga hari yakni pada tanggal 26-28 Agustus 2019. Panitia PBAK FISHUM 2019 dalam pengawalan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FISHUM serta Ormawa yakni SEMA-F, dan ketiga HM-PS mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Cendekia yang Islami dan Berintegritas”.

“Harapannya mahasiswa baru tahun ini mampu menjadi generasi yang menerapkan nilai-nilai keislaman dengan sebaik-baiknya, artinya dapat menjadi muslim yang moderat dan bersikap toleran terhadap sesama muslim maupun agama yang lainnya,” ujar Najib, Ketua DEMA-F FISHUM saat ditanyai perihal tema PBAK FISHUM 2019.

Sebanyak 366 mahasiswa baru telah tertib melaksanakan serangkaian PBAK. Adapun kegiatan selama tiga hari menurut keterangan panitia PBAK FISHUM 2019 yakni setiap pagi dilaksanakan apel di fakultas kemudian dilanjutkan dengan solat dhuha sebagai bagian dari materi pembinaan mental spiritual mahasiswa. Pada hari pertama diadakan upacara pembukaan PBAK, talk show, pengenalan ORMAWA dan UKM yang dilaksanakan di Gedung Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah (Multi Purpose). Selain rangkaian di atas, pada hari pertama pun diadakan lomba antar fakultas di Gedung Slamet Efendy Yusuf.

Ditingkat fakultas, PBAK diselenggarakan di Gedung Prof. R. H. A. Soenarjo, SH. Diawali dengan upacara penyambutan mahasiswa baru oleh Dekan FISHUM. Dilanjutkan dengan penayangan Profil Fakultas, Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Standar Layanan Akademik, Pedoman Akademik, dan Tata Tertib Mahasiswa oleh Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si selaku Dekan FISHUM, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S. Psi., M.Si selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Sabarudin, M.Si selaku Wakil Dekan II Bidang ADUM, Perencanaan, dan Keuangan, dan Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, dimoderatori oleh Ines Dyah Astuti. Kemudian dilanjutkan dengan sesi keprodian yang disampaikan oleh Kaprodi masing-masing Program Studi yakni Sosiologi, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi. Yang terakhir diisi dengan pengenalan ORMAWA.

Sedangkan pada hari ketiga ada pemasangan mozaik yang membentuk wajah Sunan Kalijaga dan kini video pemasangan mozaik telah viral di media sosial. Kemudian dilanjutkan dengan materi Islam Moderat oleh Mokhamad Mahfud, S. Sos.I., M.Si dan materi Student Government oleh Min Hajul Abidin, S.Psi. setelah solat dhuhur seluruh mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diarahkan menuju Gedung Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah dan mendapat pengarahan dari Mabes POLRI tentang Islam Moderat. Tidak hanya itu, pada tahun ini pun dilaksanakan Deklarasi Islam Moderat secara serentak oleh seluruh mahasiswa baru.

Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini tidak ada lomba koreografi antar fakultas. Tetapi dengan kecerdasan para panitia, mereka menggantikannya dengan pameran tugas karya mahasiswa baru FISHUM dan flash mob. Atas dukungan seluruh elemen PBAK FISHUM 2019 berjalan dengan lancar dan penuh keceriaan. (Aulia R.D.)

Liputan Terpopuler