Arif Manysah, Pemenang Lomba Vlog Kantor Staf Presiden tahun 2018

Banyak cara untuk mengekspresikan kreatifitas. Bagi generasi Milenial, berkarya dan berkreatifitas merupakan salah satu kewajiban. Apalagi dengan kemudahan akses informasi dan fasilitas yang hari ini tersedia. Kemudahan ini juga tidak disia-siakan oleh Arif Manysah, mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Beberapa bulan lalu, ia diundang untuk berkunjung ke Kantor Staff Presiden (KSP) RI. Ia berhasil menjadi salah satu pemenang lomba Vlog yang diadakan oleh KSP RI. Dalam Vlog nya, tema yang ia ambil ialah “Caraku Menuju 45”. “Hal yang pertama kali terpikir waktu itu adalah bagaimana sebagai anak muda bisa berkarya nyata untuk kampung halaman dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik,” begitu tulisnya saat dihubungi via Whatsapp oleh tim humas FISHUM (20/08).

Menurutnya lagi, banyak cara yang bisa di lakukan menuju 2045, mulai dari pengembangan pendidikan, memberantas korupsi hingga narkoba dan masih banyak lagi. “Sebagai anak muda nagari sungai sirah kuranji hulu, Kec.Sungai Geringging, Saya ingin memperkenalkan sebuah konsep wisata nagari yang itu nantinya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam bidang perekonomian. Mengingat banyaknya potensi wisata yang bisa di kembangkan, mulai dari alam, air terjun, ikan larang, wisata religi, budaya dan masih banyak lagi,” jelasnya lagi.

Konsep tersebut yang kemudian berhasil membawa Arif Mansyah berkunjung langsung ke KSP RI (28-29 Juni 2018). Ia bertemu langsung dengan Pak Moeldoko selaku Kepala Staff Presiden dan diberi kesempatan untuk keliling komplek istana negara serta diajak bergabung dengan deputi 2 saat jam kerja.

“Sesampainya di Istana Negara, Staff Presiden sangat mendukung konsep yang saya tawarkan untuk dikembangkan untuk kedepanya. Salah satunya pengalokasikan anggaran dana desa untuk wisata. Dimana dana desa dianggarakan untuk pembagunan konsep wisata yang terintegrasi dengan kearifan lokal. Sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat,” imbuhnya.

Kedepanya, Arif berharap semoga anak muda Indonesia bisa memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk terus mengasah kreatifitas dan inovasinya. Pengalaman ini membuat Arif ingin menularkan bakatnya kepada generasi Milineal, khususnya mahasiswa FISHUM kepada mahasiswa FISHUM. (tri)

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler