Najib, Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang Terpilih Sebagai Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta

Siapakah yang tidak kenal dengan Najib. Salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga ini pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FISHUM.

Sepak terjangnya sudah tidak diragukan lagi, berbagai kegiatan baik lokal maupun nasional bahkan pernah diselenggarakan oleh Najib beserta timnya saat itu. Kini, Najib, yang sudah menjadi demisioner DEMA FISHUM, beberapa hari lalu dilantik sebagai Ketua Ikatan Pelajar Riau (IKPM Riau) Yogyakarta oleh Pemerintah Provinsi Riau di Gedung Koinonia UKDW Yogyakarta.

Najib lahir di Benteng, sebuah Kampung di Kabupaten Indragiri Hilir bagian selatan pada 25 April 1998, pada tahun 2016 ia diterima UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi melalui jalur SNMPTN. Sebelum terpilih sebagai Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta, Najib aktif diberbagai organisasi antara lain PMII Humaniora Park, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Gerakan Pemuda Melawan Korupsi (GPMK) Yogyakarta, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Yogyakarta, serta sebagai Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta Komisariat Indragiri Hilir (IPR-Y Kom. Inhil) pada tahun pertengahan tahun 2017 dan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora diakhir tahun 2018.

Usai menyelesaikan tanggungjawab sebagai Ketua Dema FISHUM, Najib kembali mencalonkan diri sebagai Ketua Ikatan Pelajar Riau Yogyakarta pada Desember 2019. Musyawarah yang diselenggarakan sejak tanggal 27 hingga 30 Desember 2019 lalu menetapkan saudara Najib sebagai ketua terpilih seteleh unggul atas calon ketua lainnya melalui penghitungan suara. Ia kemudian dilantik pada hari Sabtu tanggal 7 Maret yang lalu oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya mewakili Gubernur Riau, mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus yang baru sekaligus berharap agar organisasi IPR Yogyakarta dapat bermanfaat dan menjadi wadah komunikasi serta silaturrahmi antar para pelajar atau mahasiswa asal Riau di Kota Gudeg tersebut.

"Gunakan organisasi ini sebagai wadah komunikasi dan silaturrahmi," imbaunya.

Sekdaprov juga berpesan agar para pelajar Riau khususnya yang saat ini tengah menempuh pendidikan diberbagi perguruan tinggi Yogyakarta agar dapat menggunakan waktu sebaik mungkin terutama dalam proses belajar di kampus masing-masing, sehingga berhasil menyelesaikan studi yang diambil tepat waktu dan hasil memuaskan.

"Ingat orang tua di kampung punya harapan yang besar kepada kalian," sebutnya.

Yan juga mengakui bahwa IPR Yogyakarta sudah memiliki banyak alumni yang tersebar di berbagai daerah di Riau dan daerah lain, serta berkiprah baik di instansi pemerintah maupun swasta.

"Kalian semua adalah pemimpin masa depan Riau," tegas Sekda. (tri)