ADUIN Fest 2020 Diadakan Secara Online, Berhasil Tembus 1300 Viewers

Sabtu, 18 April 2020 menjadi puncak acara ADUIN Festival 2020 yaitu Awarding Night yang dilaksanakan secara online melalui Youtube Live dengan akun Aduin Fest Official. Awarding Online tersebut berlangsung pada pukul 19.30-21.00 WIB dengan menampilkan karya para finalis dan mengumumkan 3 besar pemenang pada setiap mata lomba. Dr. Sulistyaningsih, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dosen Ilmu Komunikasi, dan para juri juga turut menyaksikan Awarding Online tersebut. Sampai berakhirnya acara, YouTube Live ADUIN Fest telah ditonton sebanyak 1.317 kali.

ADUIN Fest merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di tahun 2020 ini, ADUIN Fest memasuki tahun ketujuh dengan mengadakan kompetisi kreatif tingkat nasional di bidang Advertising dan Public Relations dengan mengusung tema Rati Maya, yaitu berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya Bayangan Yang Indah. ADUIN Fest 2020 juga menyuarakan tagline “Imagination for Real Action”.

Kompetisi yang diadakan oleh ADUIN Fest 2020 dibagi menjadi dua bidang, yaitu Advertising dan Public Relations. Bidang lomba Advertising terdiri dari empat kategori lomba yaitu Ambient Media, Print AD, Video AD, dan Digital Activation. Sedangkan, bidang lomba Public Relations terdiri dari dua kategori lomba yaitu PR Campign dan Issues Management. Rangkaian acara ADUIN Fest 2020 sudah berjalan sejak bulan Februari 2020 lalu yang diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan karya, penjurian karya, pengumuman finalis dari masing-masing mata lomba, pengiriman brief kedua dan pengumuman juara pada Awarding Night. Sebelumnya, acara ADUIN Fest 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 April 2020 yang bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, akan tetapi berdasarkan Surat Edaran Rektor No. 53 Tahun 2020 tentang Kebijakan UIN Sunan Kalijaga terkait Pencegahan Penyebaran Covid-19, terjadi perubahan acara ADUIN Fest 2020 dilaksanakan secara daring/online.

Meskipun acara tersebut dilaksanakan secara daring/online di tengah pandemi Covid-19 sehingga dengan berat hati meniadakan Creative Seminar, akan tetapi proses penjurian hingga pengumuman pemenang berjalan dengan lancar. Tentunya, dibalik suksesnya acara ADUIN Fest 2020 ada dukungan dari berbagai pihak yang mendukung mulai dari Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Dosen Ilmu Komunikasi, para Sponsor dan Media Partner, Dewan Juri, dan pihak terkait lainnya. Selain itu, semangat para panitia dan antusias peserta juga menambah kemeriahan acara ADUIN Fest 2020. (Aulia/Intan)