Festival Psikologi 2018

Festival Psikologi (FestGi) kembali diselenggarakan (18/10/2018). Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Festival Psikologi. Acara yang digagas secara bersama oleh mahasiswa program studi psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan diasuh oleh dosen pembimbing Mayreyna Nurwardani, M.Psi dan Very Julianto, M.Psi . Kali ini, mengusung tema Psychoworld: The Art of Life.

Kegiatan merupakan wadah bagi para mahasiswa program studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk mengembangkan kreativitas dan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang ilmu Psikologi sebagai sebuah seni dalam hidup. Festival Psikologi berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 18 Oktober hingga 20 Oktober 2018.

Berlangsung di gedung Gedung Prof. Soenarjo UIN Sunan Kalijaga, festival ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), Dr. Mochamad Sodik S.Sos, M.Si., dan dilanjutkan dengan Seminar yang mengusung tema Digital Parenting. Raden Rachmy Diana S.Psi., M.A., Psikolog dan Pihasniwati, S.Psi., M.A., Psikolog sebagai pemateri menjelaskan bagaimana menjadi orang tua cerdas di era gadget.

Selain acara seminar, pada hari pertama juga ada acara Expo Festival Psikologi. Expo Festival Psikologi diikuti oleh komunitas dan laboratorium. Seperti Laboratorium Psikologi Pendidikan & Perkembangan, Laboratorium Psikologi Sosial, Laboratorium Psikologi Klinis, Laboratorium Psikologi Industri & Organisasi, Komunitas Elips (Psikologi Islam), dan Laboratorium Ruang Baca. Setiap laboratorium dan komunitas menampilkan karya-karya di bidangnya masing-masing. Tidak hanya itu, pada hari pertama turut diadakan bedah buku yang berjudul “Kematangan Karier: Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier”. Buku ini merupakan sebuah karya dari Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog, alumni program studi psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada hari kedua (19/10/2018), Festival Psikologi dimeriahkan dengan lomba musik akustik yang diikuti oleh siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai Universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap grup musik membawakan satu lagu wajib berupa lagu daerah Indonesia dan satu lagu bebas yang diaransemen. Setiap grup musik menunjukkan kemampuan mereka dalam memainkan alat musik, olah vokal, dan aransemen lagu secara unik dan kreatif.

Expo Festival ini juga turut menampilkan 10 karya terbaik dari lomba poster dan fotografi yang mengusung tema utama “Peran Pemuda dalam Membangun Bangsa Indonesia yang Berbudaya, Beragama, dan Berjiwa Sehat”. Selain itu, juga dimeriahkan dengan kegiatan bazar buku yang diikuti oleh 7 penerbit indie di Yogyakarta, yaitu Mojok, EA Books, Basabasi, Octopus, Pojok Cerpen, Narasi, dan Cantrik Pustaka.

Kemeriahan Festival Psikologi semakin melonjak di hari ketiga (20/10/2018) dengan acara Closing Ceremony Festival Psikologi. Acara Closing Ceremony Festival Psikologi diramaikan oleh penampilan PSM Gita Savana, ADAB Dance Community, Juara Lomba Akustik Festival Psikologi, dan Psychoustic dari mahasiswa psikologi UIN Sunan Kalijaga. Tak hanya itu saja, acara ini juga dilengkapi dengan pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba esai, fotografi, poster, dan musik akustik yang diadakan oleh Festival Psikologi. Closing Ceremony Festival Psikologi menjadi acara puncak sekaligus penutupan Festival Psikologi 2018. (Wira/tri)

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler