Profil Fakultas

Sejarah Singkat

Setelah lebih dari 40 tahun menggunakan nama IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Sunan Kalijaga dengan lima fakultas: Adab, Dakwah, Syari’ah, Tarbiyah, dan Ushuluddin, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI no. 50 tahun 2004, nama IAIN berubah menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga dengan tambahan dua fakultas baru: Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Penyelenggaraannya dengan SK Direktur Jerderal Kelembagaan Agama Islam Nomor: Dj.II/206/2005 tentang Ijin Penyelenggaraan ProgramProgram Studi Jenjang Strata Satu (S1) pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Transformasi dari IAIN ke UIN mensyaratkan adanya Fakultas Umum. Salah satu Fakultas Umum tersebut adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, yang pendiriannya berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor 206 Tahun 2005 tentang Izin Penyelenggaraan Program-program  Studi jenjang Strata Satu (S1) pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.  Akhirnya, pada tahun 2005 secara resmi diselenggarakanlah Program Studi Psikologi, Program Studi Sosiologi dan Program Studi Ilmu Komunikasi yang disatukan dalam satu fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Penetapan dan penyelenggaraan ini didasarkan atas Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor 206 Tahun 2005 tentang Izin Penyelenggaraan Program-program Studi jenjang Strata Satu (S1) pada Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pendirian Universitas Islam Negeri (UIN), ditandai dengan didirikannya dua fakultas baru, yaitu Fakultas Sains-Tekhnologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.  Penyelenggaraan fakultas-fakultas baru (Saintek dan Isoshum) di lingkungan UIN Sunan Kalijaga didasarkan pada SK Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam No. Dj. II/206/2005, tentang Ijin Penyelenggaraan Programprogram Studi Jenjang Strata Satu (S1).  Terdapat 3 program studi, yaitu Psikologi  Sosiologi dan Ilmu Komunikasi. Adapun proses penyelenggaraan akademik kedua fakultas tersebut mengacu kepada paradigma akademik dan keilmuan UIN Sunan Kalijaga, yang tercermin dalam visi: “Unggul dan Terkemuka dalam Pemaduan dan Pengembangan Studi Keislaman dan Keilmuan bagi Peradaban”. Perjalanan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora sejak tahun 2005 hingga sekarang telah mengalami 4 kali periode kepemimpinan. Periode pertama kepemimpinan dekanat Fishum (2006-2010) posisi Dekan dipegang Dra. Hj. Susiloningsih MA, dengan dibantu Drs. H. Oman Fatorahman, MA sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Abdul Rozak, M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi, Umum dan Keuangan, dan Dr. Dudung Abdurahman, M.Hum. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. Periode kedua (2011-2015), posisi Dekan dijabat  Prof. Dr. Dudung Abdurohman, M.Hum, dibantu Drs. H. Oman Fatorahman, MA. sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Drs. Abdul Rozak, M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi, Umum dan Keuangan, dan Andi Dermawan, S.Ag., M.Ag., sebagai wakil dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Pada periode ketiga (2015-2019), posisi Dekan dijabat oleh Dr. H. Kamsi, M.A., dibantu Dr. Maharsi, M.Hum., sebagai wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, M.Si., sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi, Umum dan Keuangan, dan  Dr. Iswandi Syahputra, M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Pada periode ketiga ini, berakhir di tahun 2016, karena pergantian, pucuk pimpinan universitas. Konsekuensi penerapan Peraturan Menteri Agama R1 No.22/20114, maka terjadi pemilihan kembali seluruh pimpinan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Periode keempat posisi Dekan dijabat oleh Dr. Mochamad Sodik, M.Si, adapun Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan adalah Dr. Erika Setyanti Kusumaputri., M.Si., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Kepegawaian adalah Dr. Sabarudin, M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, adalah Dr. Sulistyaningsih, M.Si.

Prodi-prodi di lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, telah mendapatkan akreditasi berdasarkan SK BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Program Studi Psikologi berdasarkan SK BAN PT No. 773/ SK/BAN-PT/Akred./S/VII/2015 terakreditasi dengan peringkat B. Program Studi Sosiologi berdasarkan SK BAN-PT No. 2339/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017 terakreditasi dengan peringkat A. Program Studi Ilmu Komunikasi berdasarkan SK BAN-PT No. 3110/SK/Akred/S/XI/2018 terakreditasi dengan peringkat A.

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora merupakan bagian dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Sebagai bagian dari Perguruan tinggi Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora mempunyai peran luhur dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat intelektual dengan berlandaskan nilai-nilai ideal ajaran Islam. Secara detil, peran tersebut ditegaskan dalam pasal 16 Keputusan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2003 tentang Statuta UIN Sunan Kalijaga, dimana tugas pokok Universitas adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian serta pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu agama Islam dan ilmu-ilmu lain.

Sebagai bagian dari UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora berkewajiban melaksanakan sebagian  tugas universitas tersebut, khususnya dalam pengembangan dan pemaduan ilmu-ilmu sosial dan humaniora dengan ilmu-ilmu agama Islam. Berkaitan dengan itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora harus menyelenggarakan kegiatan akademik  dalam bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora (Psikologi, Sosiologi, dan Ilmu komunikasi) di lingkungan UIN Sunan Kalijaga.