Rabu, 3 Mei 2017 15:30:01 WIB Dilihat : 89 kali
Hari:Kamis s.d. Jumat
Tanggal:4 Mei 2017 s.d. 5 Mei 2017
Jam:08:00:00 s.d. 16:00:00 WIB
Tempat:
Deskripsi :

Media social sebagai sarana untuk berinteraksi secara online telah memiliki banyak penggemar di Indonesia, terutama dikalangan kaum muda. Sebagai teknologi yang menawarkan kemudahan dan kebebasan untuk berinteraksi dengan siapapun tanpa adanya batasan membuat siapapun merasa tertarik untuk menjadi bagian dari dunia yang ditawarkan oleh media social. Tak seperti pada dunia nyata, yang memiliki aturan-aturan baku berkenaan dengan praktik interaksi sosial membuat siapapun merasa memiliki hak untuk berekspresi dan berpendapat sesuka hati. Tidak adanya batasan jelas yang mengatur tingkat kewajaran dalam berinteraksi melalui media sosial pada realitanya telah menimbukan berbagai permasalahan antar pengguna media social. Permasalahan tersebut diantaranya cyberbullying dan hatespeach.

 

Tak mengenal status social, ekonomi maupun pendidikan, semua memiliki potensi untuk menjadi korban maupun pelaku bullying di media sosial. Dengan bersembunyi dibalik akun media social yang mereka buat membuat pelaku cyberbullying semakin leluasa bergerak tanpa khawatir identitas aslinya diketahui banyak orang. Maraknya fenomena cyberbullying di media social menimbulkan berbagai dampak negatif terutama bagi kondisi psikologis dari korban cyberbullying itu sendiri, seperti munculnya rasa cemas berlebihan, merasa terancam akan keselamatan dan kehilangan rasa percaya diri . Untuk itu diperlukan kesadaran bersama guna menyikapi fenomena bullying media social dengan cara bijak dalam   berinteraksi di media social.           

Menanggapi permasalahan tersebut, Aduin Fest 2017 mengajak generasi muda Indonesia untuk menunjukan kepedulian terhadap permasalahan tersebut dengan menyebarkan kampanye “nyepik becik-pikirkan apa yang kamu katakan” melalui rangkaian kegiatan Aduin Fest 2017.   Kampanye tersebut adalah bentuk kepedulian nyata terhadap maraknya cyberbullying dan hatespeach.

Kompetisi iklan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Aduin Fest 2017. Terdapat 3 kategori dikompetisikan yaitu:

  1. PrintAd.  Dalam kategori kompetisi ini peserta diminta untuk mengemas ide kreatif dalam bentuk iklan cetak.
  2. TV Commercial. Disini peserta diminta untuk  membuat iklan layanan masyarakat dalam format  TV commercial.
  3.  Digital Activation. Peserta diminta untuk membuat konsep ide kreatif iklan memanfaatkan media digital.

Dalam setiap kategori yang dikompetisikan peserta diminta untuk mengkampanyekan aksi peduli nyata terhadap bahaya cyberbullying dan hatespeech melalui ikan layanan masyarakat (ILM). Untuk kompetisi Aduin Fest 2017 sendiri telah berlangsung pada tanggal 23 Maret 2017 sampai 30 April 2017.

Kegiatan lain dari Aduin yaitu Creative Seminar yang akan dilaksanakan pada 17 Mei 2017 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga. Mengusung tema “Creative Empowerment”, peserta creative seminar akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai bagaimana teknik merancang pesan dengan baik dan efektif, sehingga membuat target audience terkesan. Kegiatan “Creative Seminar” merupakan kegiatan yang  terbuka untuk umum. Untuk itu kegiatan ini sangat dianjurkan bagi kaum muda dan masyarakat umum yang tertarik terhadap dunia kreatif. Karena Aduin fest menghadirkan 2 pembicara yang kompeten dalam bidang kreatif yaitu   Handoko Hendroyono (Creative Storyteller dan produser film) dan Budiman Hakim (Creative Director di MACS909 sekaligus penulis buku Lanturan tapi Relevan, Ngobrolin Iklan Yuuuk, Sex After Dugem, dan Saya Pengin Jago Presentasi). Informasi pendaftaran Creative Seminar dapat diakses melalui www.aduinfest.com. Segera daftarkan diri  kalian jangan sampai terlupa dan tunjukan bahwa kalian adalah generasi nyepik becik yang peduli terhadap cyberbullying dan hatespeach.

Untuk mengapresiasi karya-karya kreatif, Aduin juga menggandeng berbagai komunitas dalam dunia  kreatif dan karya-karya peserta  kompetisi Aduin 2017 untuk dipamerkan. Dengan konsep pameran karya, dalam Gallery Ad pengunjung akan disuguhkan karya-karya kreatif dari berbagai komunitas. Tak hanya pameran karya dari komunitas, pengunjung juga dapat melihat berbagai macam karya para peserta dari 3 kategori kompetisi AdUin. Untuk pelaksanaan Gallery Ad akan diselenggarakan pada tanggal 17-18 Mei  2017 berbarengan dengan “Creative Talkshow” dan Awarding Night.   

Kemeriahan Awarding Night akan menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Aduin 2017. Awarding Night merupakan acara yang terbuka untuk umum yang akan dilaksanakan tanggal 18 Mei 2017 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga. Sebagai puncak dari event AdUin, kegiatan penutup ini dikonsep dengan sangat meriah. Dalam Awarding Night akan diumumkan pemenang dari masing-masing kategori yang dikompetisikan dalam Aduin 2017. Terdapat pula guess yang akan memberikan hiburan meriah dalam penutupan rangkaian acara Aduin 2017.

Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian kegiatan AdUin 2017 dapat diakses melalui situs resmi AdUin di:

Website               : www.aduinfest.com

Instagram            : @aduinfest

Twitter             : @Aduinfest

Facebook         : Aduinfest

Line                 : @zfh0363w

Agenda Terkait

Agenda Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom