Selasa, 23 Mei 2017 15:41:10 WIB Dilihat : 156 kali

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran terbilang masih cukup tinggi. BPS mencatat tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2017 sebesar 5,33 persen dibanding pada periode yang sama tahun lalu sebesar 5,50 persen.

Angka ini memang cenderung mengalami penurunan, namun walau begitu, masih adanya pengangguran di kalangan masyarakat, tetap menjadi masalah tersendiri yang harus segera diselesaikan.

Maka dalam hal ini, IKA FISHUM (Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora) UIN Sunan Kalijaga mengadakan Jogja Job Fair 2017 sebagai bentuk solusi dengan harapan akan mengurangi angka pengangguran, khususnya di Yogykarta. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 22 Mei 2017 sampai dengan 23 Mei 2017.

“Jogja Job Fair 2017 ini memang pertama kalinya di adakan di UIN Sunan Kalijaga. Bekerja sama dengan Kemenaker serta Disnakertrans, IKA FISHUM mencoba menginisiasi kegiatan ini untuk menekan angka pengangguran,” Jelas Nur Faizin S.Sos,. M.A selaku ketua IKA FISHUM (22/05).

Menurutnya, kegiatan Job Fair seperti ini memang sering dilakukan oleh pemerintah. Khususnya Kemenaker RI. “Sejak 2016, Kemenaker berusaha menggelar Job Fair di kampus-kampus dan SMK-SMK. Iktikat Kementerian untuk mengurangi pengangguran. Dan yang terpenting, dalam penyelenggaraan Job Fair ialah tidak dipungut biaya, gratis,” Imbuhnya lagi.

Sementara itu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Yudian Wahyudi menjelaskan akan pentingnya peran manusia sebagai Khalifah di muka bumi ini. Kaitan dengan diadakannya Job Fair ialah, bagaimana Job Fair yang diselenggarakan mampu membangun SDM yang tepat untuk pembangunan.

“Khalifah itu maksudnya ingin membangun SDM yang tepat untuk pembangunan. Misalnya anda ingin jadi kepala rumah sakit, syaratnya ya memiliki gelar Dokter,” Jelas Yudian dalam sambutannya saat pembukaan acara Jogja Job Fair 2017 di CH lantai II UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terlihat antusias peserta Job Fair yang rata-rata merupakan Fresh Graduate. “Ini kesempatan yang bagus, karena bisa sekaligus mengirim beberapa CV untuk melamar beberapa pekerjaan,” Jelas Riko salah satu pengunjung yang sekaligus menjadi Alumni Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam.

Dalam Job Fair kali ini tersedia 43 Perusahaan dengan 1001 jenis lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Beberapa perusahaan yang akan ikut serta antara lain PT. Tozy Sentosa Centro Dept Store, PT. Mekar Armada Jaya, Intesa School of Hospitality, PT. Sinar Mitra Sepadan Finance, PT. Jogja City Mall, RS. Umum Rajawali, PT. Danamon, PT. Tatonas, CV.Yogya Karya Andini, PT. BNI Live, PT. Mutual Plus Global Resources, PT. Lembaga Pendidikan Kinderstation, Matahari Dept Store, PT Prima Karya Sarana Sejahtera BRI, PT. Tata Karya, PT. Alfa Midi, CV. Andi Offset, PT. Sumber Baru Motor serta puluhan perusahaan lainnya.

Sedangkan untuk jenis pekerjaan yang ditawarkan antara lain ialah HR. Organization and Development Staff, Engginering Staff, Production Support, Building and Construction Support, Driver, Credit Marketing Officer, Secretary, Finance and Accounting, Apoteker, Quality Contril Staff,Daycare Teacher,Staf Publik Relation, Staf komunikasi Marketingdan ribuan jenis lowongan pekerjaan lainnya.

Terlihat hadir dalam kegiatan kali ini Wakil Rektor III Dr. Waryono, Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, Wakil Dekan III FISHUM Dr. Sulistyaningsih, Serta LKM FISHUM, Baik DEMA-F, SEMA-F, LPM FISH serta HM-PS. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom