Senin, 18 Desember 2017 07:49:52 WIB Dilihat : 77 kali

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa. Pemilihan yang menggunakan sistem E-Vote ini dilaksanakan tanggal 11 Desember 2017 lalul. E-Vote merupakan puncak dari kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia Komisi Pemilihan Umum Mahasiwa Fakultas (KPUM-F) setelah berbagai serangkaian acara dilaksanakan.

Kegiatan sebelumnya ialah proses dari mulai pendaftaran calon, seleksi berkas, hingga proses kampanye baik diaologis maupun monologis yang berlangsung dalam rentan waktu sekitar setengah bulan, dari tanggal 28 November hingga proses E-Vote tanggal 11 Desember 2017. Tercatat dalam pemilihan kali ini, ketiga Prodi hanya memiliki calon tunggal.

Beberapa calon yang diumumkan resmi oleh panitia KPUM-F tertanggal 06 Desember 2017, lolos verifikasi tahap akhir bakal calon Ketua HM-PS, Ketua DEMA-F dan Anggota SEMA-F yang telah mendaftar di KPUM FISHUM antara lain ialah Ulin Nuha Ahmad Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2015 sebagai Calon ketua DEMA-F. Ach Fawaid mahasiswa Sosiologi 2016, Maman Sanjaya Mahasiswa Psikologi 2016, Rendi Febria Putra Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016. Ketiga calon ini yang kemudian terpilih menjadi ketua HM-PS setelah proses E-Vote tanggal 11 Desember lalu.

Berita acara yang diterbitkan langsung beredar sore harinya setelah E-Vote, ketiga calon HM-PS terpilih masing-masing mendapatkan suara diatas 100 suara. Dari Ilmu Komunikasi memperoleh 194 suara, Psikologi 197, sedangkan untuk Sosiologi memperoleh 125 suara. Jumlah ini merupakan suara yang terhitung banyak dibanding dengan Fakultas yang lain. Tercatat antusias mahasiswa FISHUM masih tinggi dalam berpartisipasi memeriahkan Pemilwa sebagai proses demokrasi di lingkungan kampus. Bahkan Aji Nur Avianto, tidak kalah semangatnya untuk ikut berpartisipasi. Sambil duduk di kursi Rodanya, ia bahkan mengikuti proses pemilihan dengan tertib.

Menurut keterangan ketua panitia KPUM-F, Khanif Hidayatullah menjelaskan bahwa beberapa calon tidak lolos seleksi karena pada proses verifikasi berkas yang mereka miliki tidak lengkap. Ini yang menyebabkan proses Pemilwa kali ini hanya terdiri dari calon tunggal. Kedua calon yang tidak lolos ialah dari Ilmu Komunikasi Fajar Sumardhan Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2016 dan M Ma’ruf El Munir mahasiswa Psikologi 2014.

Meskipun begitu, dalam proses pemilihan menurut keterangan koordinator acara KPUM-F, Syaffira Nabilla Azmir menegaskan bahwa meskipun ada kotak kosong sebagai lawan dari calon tunggal, mahasiswa yang ikut berpartisipasi tetap memilih calon dan partai yang lolos dan resmi menjadi peserta Pemilwa. “Ketika mereka disuruh ikut milih, pada antusias. Kalau E-vote tidak dibatasi berapa yang ikut berpartisipasi. Kendala yang kami alami sebagai panitia antara lain error server, karena kita menggunakan fasilitas internet. Apalagi kendala hujan server kami sempat error, tetapi sudah diatasi oleh pihak PTIPD,” Terang Nabilla saat ditemui oleh tim reporter.

Seperti mahasiswa lain, Nabilla juga berharap bahwa dengan terpilihnya pimpinan LKM yang baru bisa membawa Fakultas lebih maju. “Bisa membawa Fakultas lebih maju, aspirasi diterima, apapun itu ada transparansi dan lebih baik. Pemimpin kita memenuhi keinginan mahasiswa di sini,” imbuhnya. Rizaldi Sosiologi 2015 juga mengapresiasi mahasiswa yang ikut berpartisipasi. “Mahasiswa yang berbudi itu mereka yang ikut memilih. Harapannya, tentu untuk Fakultas. Tapi terutama jurusan kita agar lebih baik kedepannya,” jelasnya.

Sementara Lisa Aditia Putra dan Yoga yang juga bagian dai pemilih aktif berharap pemilihan kali ini mampu membawa perubahan. “Kenapa harus golput kalau bisa memilih. Harapannya semoga bisa dibawah pimpinan yang terpilih bisa lebih maju dan lebih progresif dari kepengurusan sebelumnya. Selain itu, bisa lebih komunikatif dengan mahasiswa karena selama ini ada jarak antara HMPS dengan mahasiswa. Lebih harmonis. Terutama mahasiswa Sosiologi agar kedepannya mereka merasa memiliki HMPS,” ujar Adit saat ditemui usai memilih. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom