Senin, 18 Desember 2017 20:49:46 WIB Dilihat : 46 kali

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga mengadakan RDK dengan Program Studi Ilmu Komunikasi pada Jumat (15/12) di Ruang Rapat Dekanat FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada rapat kali ini, Dr. Sutanto,S.Si, DEA dari Program Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta diminta menjadi pembicara utama mengenai peningkatan akreditasi Fakultas dan Program Studi.

Pada kesempatan tersebut, setidaknya ada 3 poin penting yang digunakan baik Fakultas maupun Program Studi untuk meningkatkan akreditasi. “ Research, Pengembangan SDM, dan Networking menjadi 3 hal yang harus dikembangkan institusi pendidikan untuk meningkatkan kualitas yang kemudian nantinya otomatis akan meningkatkan akreditasi dari institusi tersebut.” terang Sutanto pada acara tersebut.

Pada poin Research, Sutanto menjelaskan bahwa UNS menggunakan sistem Reward bagi dosen-dosen yang berhasil mempublikasi artikel ilmiahnya pada jurnal Internasional terindeks Scopus. Selain menggunakan sistem reward tersebut, pihak Universitas juga mendukung diselenggarakannya Proceeding terindeks Scopus yang mengutamakan hasil penelitian dari dosen-dosen internal.

Poin selanjutnya, yakni poin pengembangan SDM, Universitas Sebelas Maret Surakarta atau yang lebih sering disebut dengan UNS Solo nampaknya mengambil kebijakan yang cukup ekstrim yakni dengan mengadakan perekrutan dosen dengan latar belakang S3 pada tahun 2018 mendatang. “Adapun SDM yang sudah ada didorong untuk kemudian mengambil studi lanjut s3 baik di dalam maupun di luar negeri,” tutur Sutanto pada presentasinya di acara tersebut.

Networking nampaknya menjadi poin yang penting dalam pengembangan kualitas institusi. Pada poin ini Sutanto memberikan sedikit tips bagi dosen-dosen untuk membangun networking dengan jalan melakukan diskusi dan juga melakukan penerjemahan buku asing yang menjadi minat utama dosen bersangkutan.*LN

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom