Jumat, 22 Desember 2017 13:31:03 WIB Dilihat : 60 kali

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapat kunjungan dari Cendi (Center for Entrepreunership and Career Studies) UIN (21/12). Bertempat di Ruang Sidang lantai 2, kehadiran tim Cendi kali ini bertujuan untuk mensosialisasikan Tracer Study. Tracer study merupakan studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan kepada alumni.

Sosialisasi kali ini dihadiri oleh jajaran Dr. Mochamad Sodik sekali Dekan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sabarudin, M.Si Wakil Dekan Bidang Adm. Umum, Kepegawaian dan Perencanaan, Kaprodi Sosiologi Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.d, serta beberapa dosen dan Ketua dari Tim Tracer Study dari Ilmu Komunikasi, Psikologi dan Sosiologi. Sedangkan dari tim Cendi, dihadiri oleh Ahmad salehudin, Lindra Darnela, Siti Rohaya, Mayreyna. N, Moh. Khoerul. A, Rizaqitama, Siradjul Fuad.

Tracer study bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, outputpendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan. Di samping untuk keperluan akreditasi, Ditjen Dikti Kemdiknas juga sejak tahun 2011 menggunakan tracer study sebagai alat monitoring adaptasi lulusan perguruan tinggi di Indonesia ketika memasuki dunia kerja.

“Apa tujuan Tracer Study?. Tujuannya Supaya kita bs melakukan evaluasi dan perbaikan. Hanya untuk alumni yang sudah lulus 3 tahun,” jelas salah satu perwakilan dari tim Cendi saat memperkenalkan tracer study. Menurutnya, persoalan PTN di Indonesia antara lain ialah kesadaran dan pengetahuan, Universitas yang kurang merespon, lemahnya sistem, metodologi dan implementasi. Sehingga, tracer study ini biasanya hanya untuk keperluam akreditasi serta belum dianggap penting.

Dalam konteks UIN, tracer study menjadi penting. Apalagi tracer study memiliki hubungan dengan institusi dan penelitian. Selaijn itu juga ntuk menunjang pengetahuan. Di sini menggunakan survey 2 kali survey setelah mereka wisuda. Rodmap kerjanya ialah persiapan 3 bulan, pelaksanaan 3 bulan, analisis serta 3 bulan masa pelaporan. (tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom