Kamis, 25 Juni 2015 12:59:30 WIB Dilihat : 1500 kali

Kamis (25/6/15). Sebanyak 220 mahasiswa Fishum siap mengikuti pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga di Multi Porpose (MP). “Dari 2500 mahasiswa UIN yang mengikuti KKN, tercatat ada 220 mahasiswa Fishum yang mengikuti”, demikian disampaikan Ketua LP2M UIN Sunan Kalijaga Dr. Fatimah, MA pada acara pelepasan mahasiswa KKN Angkatan 86 pagi tadi (25/6) di kampus UIN Sunan Kalijaga. Pelepasan peserta KKN yang dilakukan sejak pukul 09.00 WIB diawali oleh sambutan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan Rektor UIN Sunan Kalijaga.

Dalam sambutannya, Dr. Fatimah, MA selaku Ketua LP2M memaparkan jumlah peserta KKN yang akan tersebar di 250 lokasi. Menurutnya saat melaksanakan KKN, mahasiswa perlu melihat masyarakat dari aspek yang berbeda. “Kini saatnya kita melihat masyarakat dari segi aset, bukan dari segi masalah” ungkapnya. “Inilah yang kita sebut dengan paradigma ABCD (Aset Base Community Development)”. Ia juga menyampaikan bahwa paradigma ABCD akan dikembangkan oleh LP2M UIN Sunan Kalijaga Secara lebih luas.

Lebih lanjut Dr. Fatimah, MA menyampaikan kendala-kendala selama persiapan KKN Angkatan 86 ini. “Kita berhadapan dengan mahasiswa yang meminta pemindahan lokasi. Ada yang beralasan tidak mau pisah dengan suami, bahkan ada yang maunya mahasiswa laki-laki dan perempuan harus di pisah kelompoknya” tutur Dr. Fatimah saat itu. Ia juga menjelaskan bahwa kendala-kendala itu pada akhirnya teratasi dengan adanya koordinasi yang baik antara LP2M dan mahasiswa.

Selain itu, dalam sambutannya juga Dr. Fatimah, MA menyampaikan ucapan terimakasih yang mendalam kepada tim LP2M yang telah mengerahkan segala tenaga dan upaya agar pelaksanaan KKN Angkatan 86 berjalan dengan baik. Ia menyebutkan nama-nama yang terlibat dalam tim LP2M seperti Dr. Muhammad Wildan, MA dan Dr. Phil Al Makin, S. Ag, MA, serta Dr. Moh. Soehadha, S. Sos., M. Hum.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom