Rabu, 1 Juli 2015 10:40:21 WIB Dilihat : 1950 kali

FISHUM (01/07)-- Fenomena Jilboobs dikalangan mahasiswa Universitas Islam di Yogyakarta mendorong Fendi Rahmat Widianto menelisik lebih jauh terkait hal tersebut. Ia melakukan penelitian tentang Audience Adaptation pada mahasiswa Universitas Islam di Yogyakarta yang menggunakan fashion jilboobs. Fendi melakukan penelitian dengan tujuan mengungkap audience adaptation muslimah ketika menggunakan busana jilboobs.

Audience Adaptation merupakan proses dimana seorang mengolah pesan dalam berbagai bentuk pada pikirannya dan menginterpretasikannya berdasarkan cognitive complexity” demikian ditulis Fendi dalam skripsinya. Sementara “Jilboobs adalah sebutan dari gaya berpakaian seorang perempuan muslim yang menggunakan jilbab namun tetap menunjukkan lekuk tubuh” tulis Fendi mengutip Suryakusuma.

Fendi melakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktivis. Ia melakukan pengambilan data dengan teknik wawancara mendalam serta sumber data pendukung seperti dokumen berupa buku artikel dan sejenisnya. Dalam analisisnya, Fendi menggunakan analisis data Cresswell,2007.

Kesimpulan penelitian Fendi yang dituangkan dalam skripsinya mendeskripsikan bahwa muslimah muda sangat rentan terhadap tren fashion yang sedang terjadi. Muslimah tersebut dapat dikendalikan oleh tren secara tidak sadar karena tren tersebut tersebar menjadi sebuah aturan sosial yang dianggap wajar oleh muslimah. “Proses Audience Adaptation yang dialami oleh muslimah adalah proses yang terjadi berdasarkan kehendak pribadi”, begitu dijelaskan Fendi pada bagian kesimpulan.

Fendi Rahmat Widianto adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fishum UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Ia menyelesaikan skripsi bernilai A lewat bimbingan Fatma Dian Pratiwi, S.Sos, M.Si. Fendi lulus dengan IPK 3,67 dengan predikat cumlaude dan masa studi selama 3 tahun 9 bulan 12 hari.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom