Senin, 7 Juli 2014 12:02:21 WIB Dilihat : 1284 kali

Yogya. Pusat Penelitian dan Pelatihan Komunikasi ComTC UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di akhir masa kampanye pilpres mempublikasikan hasil penelitiannya terkait dengan Kampanye Pilpres 2014 di media jejaring sosial. Hasilnya, pasangan JokoWidodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) mendapatkan Black Campaign 28 persen, sedang pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa 24 persen. Pada penggunaan negative campaign Jokowi – JK mendapat 31 persen, sedang Prabowo – Hatta 71 persen.

Ketua Tim Peneliti, Rama Kertamukti, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan dengan metode content analisis pada pengguna facebook (account user) sejumlah 100 orang responden di wilayah Yogyakarta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, pegawai swasta, dosen/ akademisi, pemuka agama dan PNS. Teknik sampling yang digunakan dengan purposive sampling. Penelitian dilakukan selama 10 hari antara tanggal 24 Juni – 03 Juli 2014.

Dari hasil penelitian ini juga diperoleh informasi tentang elektabilitas Capres – Cawapres untuk wilayah Yogyakarta per 03 Juli 2014. Pasangan No. 1 Prabowo – Hatta 22 persen, sedang pasangan No. 2 Jokowi – JK 43 persen. Sedang yang belum menentukan pilihannya sejumlah 35 persen sebagai swing voters yang masih dapat dipengaruhi oleh berbagai variable sebelum tanggal 09 Juli 2014.

Direktur Eksekutif ComTC, Rika Lusri Virga, MA mengatakan bahwa penelitian ini dilakukan secara independent dan tidak berpihak pada pasangan manapun. “Penelitian ini pure hasil kajian akademik sekaligus sebagai produk perdana ComTC menjelang dilakukannya launching lembaga ini pada bulan depan”, jelas Rika.

Sementara itu, pengamat Komunikasi Politik UIN Sunan Kalijaga, Drs. H. Bono Setyo, M.Si mengatakan bahwa banyaknya negative campaign yang menimpa pasangan Capres – Cawapres tidak lepas dari track record-nya selama ini, baik yang dilakukan oleh pasangan Capres – Cawapres maupun partai-partai pengusungnya, sedangkan black campaign lebih banyak dipengaruhi oleh tingkat kedewasaan berpolitik masyarakatnya.

By : ComTC

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom