Selasa, 23 Juni 2015 09:10:18 WIB Dilihat : 1228 kali

“Bukan Mahasiswa Jika Tidak Punya Karya”, ungkap Adi S Fahrezi (Psikologi 2013) di ruang Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fishum UIN Suka. Mahasiswa yang sering dipanggil Ajie ini beberapa kali memenangkan kontes menulis esai baik tingkat Universitas di Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta. Ajie pertama kali mengikuti kontes esai yang dilaksanakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada dengan tema Bipolar. Dalam kontes tersebut, Ajie berhasil menjadi pemenang pertama.

Prestasi dalam dunia tulis menulis membuat Ajie ketagihan untuk berkarya. Ia juga tersugesti dengan semangat bahwa mahasiswa harus punya karya nyata. Selain memenangkan kontes esai di Yogyakarta, Ajie mencoba menulis dengan tema yang lain. Awal 2015 lalu ia berhasil menjadi pemenang III dalam kontes esai Universitas Jember. Ajie menulis tentang K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja). Menurutnya, selama ini perhatian tentang keselamatan kerja terpusat pada tataran fisik yang melibatkan pihak medis saja. “Saya mencoba mengusulkan tema konseling dalam hal keselamatan kerja dari sisi psikologis” ungkap Ajie.

Ajie tidak hanya piawai dalam menulis, tapi ia juga berkesempatan mengikuti lomba debat yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah UIN Suka Yogyakarta. Tak hanya itu, Ajie juga pernah mengikuti lomba indepth reporting dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta, “meskipun baru bisa masuk sepuluh besar saja” lanjutnya. Karya Ajie sudah pernah dibukukan dalam kumpulan antologi yang diterbitkan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Arena UIN Suka. Saat ini ia tengah mempersiapkan lomba esai tingkat nasional.

Pesan Ajie kepada kawan-kawannya di Fishum UIN Sunankalijaga, “jangan mudah jatuh duluan. Sebenarnya kita punya potensi yang sangat baik, hanya seringkali kita down diawal dan mematahkan semangat untuk berkarya” tutupnya.

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom