Jumat, 13 November 2015 09:42:31 WIB Dilihat : 992 kali

Selasa, 10 November 2015 Prodi Ilmu Komunikasi mengadakan suatu even yang bertempat di Ruang Sidang PAU lt-1 UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 program studi ilmu komunikasi perguruan tinggi se-Indonesia. Acara ini berlangsung pada pukul 15.00 s/d 18.00 yang berisi kegiatan FGD (Forum Grup Discussion) hingga pada sesi Sidang Pleno. Pada sesi FGD dipimpin oleh Bapak Fajar Iqbal dan peserta dibagi menjadi 3 komisi yang membahas berbagai permasalahan dalam ruang lingkup prodi ilmu komunikasi. Permasalahan tersebut dibagi dari tiap komisi yang akan mendiskusikannya yaitu komisi 1 (-Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian –Tata Pamong, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu), Komisi 2 (-Kemahasiswaan dan Lulusan –Sumber Daya Manusia), Komisi 3 (-Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik –Penelitian, Pelayanan Masyarakat, dan Kerjasama).

Sesi selanjutnya yaitu perlakuan Sidang Pleno yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Bono Setyo, M.Si. Proses Sidang Pleno berlangsung dengan kondusif karena berbagai permasalahan tentang prodi ilmu komunikasi dari setiap kampus sudah menemui beberapa titik terang melalui sesi FGD yang dilangsungkan. Hasil pembahasan Sidang Pleno diantaranya menyinggung cara pendokumentasian proses akreditasi sebenarnya sederhana, namun kurang sabar dan teliti. Lalu perlu konsultan untuk memperlancar proses penyusunan berkas untuk akreditasi. Setelah melakukan berbagai pemberian argument dari setiap peserta maupun panitia, dari pihak UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Ampel, dan UIN SUSKA RIAU berinisiasi membentuk ASOSIASI yang menaungi prodi ilmu komunikasi perguruan tinggi Islam.

Hasilnya terbentuklah ASIKOPTI (Asosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam) yang kedepannya akan berada dibawah naungan Perguruan Tinggi Keislaman. Berikut anggota ASIKOPTI saat ini yaitu UII, UAD, UIN Sunan Kalijaga, STAIN Kediri, UNMUS Ponorogo, IAIN Salatiga, UIN Sunan Ampel, UIN SUSKA Riau, STAIN Pekalongan, IAIN Tulungagung, UNIDA Gontor, UNISBA, STAIN Kudus, IAIN Purwokerto, dan IAIN Cirebon.

Struktur ASIKOPTI saat ini diantaranya Ketua Umum oleh Drs. H. Bono Setyo, M.Si. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Ketua I Dr. O. Hasbiansyah, M.Si.(UNISBA Bandung), Ketua II Dr Nikmah Hadiati Salisah, SIP., M.Si. (UIN Sunan Ampel Surabaya), Sekretaris Umum Rendra Widyatama, S.Ip., M.Si. (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta) dan divisi lainnya yaitu Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara. Selain itu ada empat divisi yaitu divisi 1 (Bidang Kurikulum dan Pembelajaran), Divisi 2 (Bidang Organisasi dan Keanggotaan), Divisi 3 (Bidang LITBANG), dan Divisi 4 (Bidang Humas dan Kerjasama).

Kedepannya setiap divisi akan membuat program kerja yang menunjang keefektifan pengurus dan prodi ilmu komunikasi. Selanjutnya draft ADRT akan dirancang ketua dan pengurus. Menurut Abdullah, M.I. Kom “Harapannya ada follow up dari kegiatan tersebut yang mungkin kedepannya dinaungi oleh ASIKOPTI dalam pembahasan AKREDITASI PROGRAM STUDI”. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan tantangan pendidikan ilmu komunikasi di tingkat local maupun global sehingga setiap institusi pendidikan ilmu komunikasi di lingkkungan perguruan tinggi dapat mengembangkan pendidikannya dengan lebih baik.

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom