MLC (Media Literacy Circle) UIN Sunan Kalijaga

LATAR BELAKANG

EKSTERNAL:

•Konten media (terutama media penyiaran) yang dinilai tidak sehat bagi kehidupan masyarakat ditandai dengan maraknya tayangan kekerasan, pornografi dan mistik pada rentang tahun 2000 sd 2006.
•Diskusi dengan MPM (Masyarakat Peduli Media) Yogyakarta yang membutuhkan mitra dalam memberikan literasi media pada masyarakat Yogyakarta.

INTERNAL:

•Masa awal transisi IAIN menuju UIN membutuhkan lembaga yang berkontribusi pada usaha promoting, branding dan positioning UIN Yogyakarta.
•Posisi strategis UIN Yogyakarta sebagai PTAIN yang belum memiliki lembaga yang bergerak dalam sektor media.

AKTIVITAS dan KONTRIBUSI

•2007-2009; Bekerjasama dengan KPID DIY rutin memberikan literasi media pada masyarakat di lokasi KKN mahasiswa UIN Yogyakarta.
•2008-2009; Membantu desain promosi UIN Sunan Kalijaga melalui lomba logo baru, lomba jingle dan produksi film PENA.
•2009-2013; Tidak aktif
•2014; Bekerjasama dengan lembaga Jaringan Indonesia menyelenggarakan riset media tentang Agama, Politik dan Ideologi Media.

PROSPEK KERJASAMA

•Bekerjasama dengan Kementerian KOMINFO, KEMENAG atau MABES POLRI untuk terlibat dalam aktivitas kegiatan Literasi Digital bagi masyarakat virtual atau masyarakat berbasis pesantren.
•Bekerjasama dengan lembaga donor internasional dalam bidang riset media.
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom