Konsinyering Dosen, Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2023/2024

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga rutin mengadakan evaluasi perkuliahan. Kali ini, evalusasi sekaligus persiapan perkuliahan semester Genap T.A 2023/2024 diimplementasi dalam kegiatan Konsinyering Dosen (26/01/2024). Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan FISHUM menjelaskan bahwa kegiatan rutin ini menjadi salah satu forum penting bagi proses akademik.

“Konsinyering adalah forum rutin, forum bersama, sekaligus forum untuk mengevaluasi. Disini kita berdiskusi untuk perbaikan kedepannya. Dosen juga bisa saling bertukan informasi untuk mempersiapkan pembelajaran semester genap 2023/2024 agar semakin baik,” tuturnya dalam sambutan.

Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik mengumumkan capaian Indeks Kinerja Dosen tiap prodi. IKD tertinggi tingkat fakultas diraih oleh Ratna Mustika Handayani, S.Psi., M.Psi., Psi. Dosen Prodi Psikologi dengan capaian IKD 3,93. Beliau juga sekaligus meraih IKD tertinggi tingkat Prodi. Dari Prodi Sosiologi, IKD tertinggi diraih oleh Dr. Muryanti, S.Sos., M.A. dengan capaian IKD 3,90. Sementara, dari Prodi Ilmu Komunikasi, IKD tertinggi diraih oleh Fajar Iqbal, S.Sos., M.Si. dengan capaian 3,92.

Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, M.Si. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menjelaskan bahwa kinerja dosen saat ini bisa di-update melalui aplikasi SISTER. Meskipun secara proses belum selesai, akademisi perlu menaati sistem yang sudah dibangun.

“Kita taati karena ini punya andil untuk pengembangan karir dan pengembangan diri dosen, naik pangkat dan lainnya. Siklus Evaluasi Matakuliah (MK) setiap tahun MK dapat dievaluasi ada capaian awal hingga akhir. Misalnya, metode pembelajaran diubah, konten dan CP nya tetap lalu dievaluasi nilai akhirnya apakah ada perubahan atau tidak. A berapa persen B berapa persen. Setiap tahun materi kuliah juga ada tambahan/perubahan. Kemudian ada Big Data Akademik yang terintegrasi,” jelasnya.

Acara ini berlangsung di Conference Room lantai 1 FISHUM UIN Sunan Kalijaga dengan dihadiri para pimpinan, Dekan dan Wakil Dekan. Selain itu, Kaprodi, Sekprodi, serta dosen di lingkungan FISHUM UIN Sunan Kalijaga juga turut hadir memberikan beberapa masukan evaluasi untuk perbaikan kedepan. Acara ini dimoderatori oleh Dwi Nur Laila Fithriya, M.A. Dosen Prodi Sosiologi. (tri)

Berita Terpopuler