Launching Studio Live Streaming, Dekan FISHUM Siap Sapa Dunia

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga baru saja me-Launching Studio Live Streaming (Selasa, 16 Februari 2021). Studio ini berfungsi sebagai ruangan untuk memfasilitasi berbagai kegiatan online, baik webinar, diskusi, dan yang lainnya. Studio ini terletak di lantai 3 FISHUM dan dilengkapi fasilitas streaming seperti kamera, monitor, laptop serta green screen.

Dalam video sambutannya Wakil Dekan Bidang Administrasi FISHUM Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si. menjelaskan bahwa Perencanaan pembuatan design studio disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian studio, dan desain telah disesuaikan agar fleksibel untuk digunakan dalam berbagai konten acara.

“Beberapa versi yakni podcast, siaran, dan lain sebagainya menggunakan meja dan Backdrop. Versi kedua yakni Green Screen yang digunakan untuk konten yang tidak formil agar background bisa diganti dengan latar belakang sesuai tema. Versi ketiga yakni versi sofa yang digunakan untuk talkshow, webinar, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FISHUM Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Menurut beliau dengan studio mini FISHUM akan menyapa dunia. “ini adalah studio mini, tapi dengan studio mini ini kita akan menyapa dunia yang luas. Dunia dalam arti yang sebenarnya. Selain studio mini kita juga punya studio yang lebih besar lagi sehingga mempunyai manfaat yang lebih luas. Studio ini bisa dimanfaatkan baik oleh dosen, tendik, mahasiswa maupun masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Studio ini juga mendapat sambutan baik dari ketua senat UIN Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A., Sungguh saya bangga dan bersyukur serta memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada FISHUM. Karena meskipun gedung FISHUM itu kurang baik dibanding dengan lainnya tetapi dengan adanya studio mini ini bisa mengalahkan yang lain.

Acara ini juga dihadiri dan disambut baik oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. Dalam kesempatan ini beliau mengatakan bahwa pembangunan studio ini merupakan pertama kali di UIN Sunan Kalijaga. Hal ini perlu menjadi contoh bagi universitas dan juga fakultas lain sehingga ketika melakukan live streaming menggunakan fasilitas yang standar.

Saya kira ini juga kapital (modal) yang bisa dikembangkan. Saya berharap ini bisa menghasilkan berapa kali seminar, dan lain-lain dengan kualitas yang lebih baik. Rektorat harus mencontoh dari FISHUM. Kreatifitas-nya luar biasa, tim nya luar biasa.” tuturnya.

Acara ini terlaksana secara online melalui platform Zoom dan Live Streaming YouTube FISHUM UIN Sunan Kalijaga dengan diikuti oleh seluruh keluarga besar FISHUM. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. H.A. Munir, M.A. Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan Dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga. (Tri)

Berita Terpopuler