Workshop Penulisan Jurnal Scopus

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baru saja menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal Scopus bertema Persiapan Peningkatan Kualitas Pengelolaan E-Journal sebagai Bekal untuk Mendaftar Indeksasi Scopus (SINTA 1). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengelola jurnal dan dosen FISHUM dengan mendatangkan Dr. Novi Kurnia, M. Si., M. A. (Dosen Departemen Ilmu Komunikasi FISIPOL UGM dan Redaktur Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) FISIPOL UGM) sebagai narasumber. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Rabu (24/3) dan Jum’at (26/3) disiarkan secara langsung dari Ruang Studio dan Ruang Interaktif FISHUM melalui platform Zoom Meeting dan Live Youtube.

Yanti Dwi Astuti, S. Sos. I., M. A., selaku ketua panitia menyampaikan bahwa workshop ini diadakan karena timbulnya kegelisahan pengurus jurnal yang sedang berusaha mempersiapkan diri menuju jurnal Scopus di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini, jurnal di FISHUM dapat segera terindeks Scopus.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S, Sos., M. Si. Beliau sangat mengapresiasi adanya kegiatan Workshop Penulisan Jurnal Scopus. Beliau juga menyampaikan bahwa fakultas akan mengawal adanya kegiatan seperti ini. “Saya support aspek apapun itu, baik manajemen maupun non-manajerial,” ungkapnya.

Senada dengan ketua, Prof. Iswandi Syahputra, S. Ag., M. Si., selaku Wakil Rektor I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam sambutannya juga menyampaikan keresahan dan kegelisahannya. Beliau mengungkapkan bahwa dengan adanya hal tersebut menjadikan workshop ini menjadi sangat penting dan bermakna. Hal ini sekaligus sebagai tanda dibukanya acara Workshop Penulisan Jurnal Scopus Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora oleh Wakil Rektor I.

Dalam paparannya, Dr. Novi Kurnia, M. Si., M. A. menegaskan bahwa, “Cara penulisan setiap jurnal itu berbeda-beda karena masing-masing jurnal mempunyai current need sehingga mempunyai kebijakan tersendiri.” Beliau juga menyampaikan proses indeksasi internasional Scopus dan tahapan seleksi Scopus.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas jurnal maka harus melakukan review secara rutin. Selain itu, dalam pengelolaan jurnal dibutuhkan bekerja secara team. “Bekerjalah secara teamwork, jangan one man show. Belajar kemana saja untuk meningkatkan kualitas jurnal,” pesannya.

Pada hari kedua, penyampaian materi dilanjut oleh Siti Mutrofin, M. Kom. (Chief Editor Journal Register: Scientific Journals of Information System Technology (SINTA 1) terkait review dan kualitas jurnal. “Kualitas jurnal yang diutamakan adalah kualitas substansi dan kualitas bahasa,” imbuhnya. Sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung tak kalah menarik dari hari sebelumnya. (Nabila)

Berita Terpopuler