Audit Tindak Lanjut FISHUM UIN Sunan Kalijaga

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan Audit Tindak Lanjut, Rabu, 8 September 2021. Audit Tindak Lanjut (ATL) ini berlangsung dalam Rapat Koordinasi Fakultas. Hadir dalam rapat kali ini Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga. Acara ini berlangsung secara Luring di Ruang Sidang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Menyambut dan membuka acara ini, beliau menjelaskan bahwa audit merupakan kegiatan rutin yang dilakukan. Menurut beliau, audit dimaknai seperti dua sisi mata uang, yang dilihat dari segi manapun merupakan hal yang sangat penting.“Audit juga sebagai bahan evaluasi dan tolok ukur terhadap kerja kita. Kita selalu berbenah untuk perbaikan,” tuturnya.

Telah hadir dalam ATL kali ini, Drs. Abdul Rozak, M.Pd. Puspo Rohmi, M.Pd. dan Heru Sulistya, M.Pd. selaku Auditor. Beberapa temuan yang ada di ketiga Prodi dalam setiap audit selalu ada perbaikan. Misalnya di Prodi Ilmu Komunikasi yang sudah memiliki data base untuk mempersiapkan audit sehingga tidak ada temuan yang perlu dikonfirmasi. Prodi Sosiologi juga sedang mempersiapkan Roadmap. Sedangkan Prodi Psikologi, ada sedikit temuan yang perlu dicek ulang di google drive.

Dalam proses ATL, Bapak Heru Sulistya, M.Pd. menjelaskan bahwa di Prodi Psikologi terdapat 3 temuan salah satu diantaranya ialah standar 1 tentang hasil penelitian. Menanggapi hal ini, Kaprodi Psikologi, Lisnawati, M.Psi., Psi. menjelaskan bahwa Prodi Psikologi sudah mulai berbenah.

“Kita sudah punya database dari mulai ijazah sertifikat dan karya penelitian kita sudah punya google drive yang itu kita jaga kerahasiaannya hanya terbatas yang bisa mengakses. Sehingga untuk keperluan audit ini kita hanya sebatas menunjukan kita punya dan sudah ter-data” jelasnya. Beberapa hal lain jug telag dijawab oleh beliau seperti karya buku ber-ISBN serta karya-karya dosen yang lainnya.

Terlihat hadir dalam ATL kali ini Dr. Sulistyaningsih, M.Si. Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Yani Tri Wijayanti, M.Si. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dra. Ratna Kristiawati, M.M. Plt. Kasubag I Bidang Akademik, Hj. Enny Iroh Hayati, SE. M.Si. Kasubag II Bidang Keuangan, Lisnawati, M.Psi., Psi. Kaprodi Psikologi, Mayreyna Nurwardhani, M.Psi., Psi. Sekprodi Psikologi, Dr. Diah Ajeng Purwani, M.Si. Sekprodi Ilmu Komunikasi, dan Agus Saputro, M.Si. Sekprodi Sosiologi. Melalui ATL ini ketiga Prodi di FISHUM selalu melakukan perbaikan-perbaikan. (tri)