Workshop Menajemen Administrasi Bagi Ormawa

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan workshop manajemen administrasi bagi Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) (13/03/2019). Bertempat di ruang sidang lantai II, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi pengurus Ormawa terutama dalam hal administrasi.

Workshop yang diikuti oleh pengurus harian Ormawa, yakni Senat Mahasiswa, Dewan Eksekutif Mahasiswa, maupun Himpunan Mahasiswa Program Studi merupakan bagian dari perjalanan Ormawa yang baru. Setelah sebelumnya, Ormawa telah dilantik 18-19 Februari 2019 lalu. Selain itu, Ormawa juga telah melaksanakan Rapat Kerja pengurus sebelumnya yang bertempat di Youth Center, (08/03/2019).

Workshop kali ini diisi oleh beberapa narasumber, yang tentunya terkait dengan urusan administrasi Fakultas. Narasumber dalam Workshop kali ini ialah Kepala Bagian Tata Usaha Dra. Budhi Susilowati, M.A, Kasubag I, Dra. Tri Agustin Nugraheni dan Kasubag II,Eni Iroh Hayati, SE, M.Si.

Hadir pula dalam acara ini, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FISHUM, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si. Mengawali acara, Dr. Sulistyaningsih menjelaskan bahwa kegiatan ini juga bagian dari koordinasi antar elemen yang ada di Fakultas.

“Ini menjadi kegiatan yang penting. Fakultas memfasilitasi stimulan dana sebesar 47 juta utk kegiatan Ormawa. Harapannya stimulan dana tersebut bisa dipertanggungjawabkan secara jujur, transparan, dan akuntabel. Ormawa juga bisa mengembangkan sponshorsip di setiap kegiatannya,” jelas WD III.

Menurutnya lagi, Kompetensi pengurus harian dan pengurus Ormawa secara keseluruhan tidak hanya leadership. tapi juga administrasinya. “Kalau tidak tau nanti repot. Ini salah satu urgen pada pagi hari ini mengapa menjadi penting. Mengapa saya selalu warning di awal. Ormawa menjadi model dari mahasiswa FISHUM. Dari ribuan mahasisa yang lolos hanya 90-an orang,” imbuhnya lagi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dra. Budhi Susilowati, M.A, Kepala Bagian Tata Usaha yang juga menjadi narasumber dalam Workshop kali ini. Ia menghimbau kepada pengurus Ormawa yang baru untuk disiplin dalam hal laporan kegiatan. Menurutnya, kegiatan yang akan terselenggara selama satu periode harus melalui perencanaan yang baik. Mulai dari pra acara hingga selesai seperti laporan pertanggungjawaban kegiatan.

“Kalian harus siapkan di waktu-waktu yang kalian luang untuk mempersiapkan kegiatan tersebut. Syukur-syukur kegiatan tersebut terlaksana tidak lebih dari bulan September,” tuturnya.

Beliau juga menghimbau kepada pengurus Ormawa untuk tertib administrasi. Karena, pertanggungjawaban kegiatan yang dilakukan di tingkat Fakultas juga menjadi bagian dari tanggungjawab bagian tata usaha. (Tri)

Berita Terkait

Berita Terpopuler