Pembekalan Calon Wisudawan/wati Periode III Tahun Akademik 2018/2019

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga mengadakan pembekalan sekaligus pelepasan calon wisdawan/wati periode III, tahun Akademik 2018/2019. Berlangsung di Interactive Center FISHUM UIN Sunan Kalijaga (29/04/2019), pembekalan kali ini diisi oleh tiga narasumber.

Narasumber yang pertama ialah Topan Wahyudi, S.Sos yakni alumni Sosiologi FISHUM yang sekarang berkarya sebagai peneliti Land Site Yogyakarta. Topan menyampaikan materi terkait dengan bagaimana memulai usaha. Narasumber kedua yakni, Nuristighfari M Khaerani, S.Psi., M.Si., selaku Dosen Psikologi FISHUM yang menyampaikan materi terkait dengan teknik-teknik mencari beasiswa. Narasumber ketiga yakni Very Julianto, S.Psi, M.Si selaku Dosen Prodi Psikologi FISHUM yang menyampaikan materi terkait dengan Job Seeking. Pembekalan kali ini dimoderatori oleh Dr. Muryanti, S.Sos., M.A., Dosen Sosiologi FISHUM.

Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., saat memberikan sambutan mengucapkan selamat kepada calon wisudawan/wati yang akan diwisuda beberapa lagi. Baliau berharap, calon wisudawan/wati khususnya dari FISHUM mampu mengaplikasikan ilmunya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara. Apalagi dalam kondisi keterbukaan informasi yang terjadi.

“Kita bisa menjadi penengah, umatan wasathan. Menjadi problem solver, bukan troble maker. Sekali lagi kami berpesan, NKRI ini sangat luas dan harus dijaga,” tutur Dekan FISHUM.

Periode ini, ada 61 mahasiswa FISHUM yang akan di wisuda tanggal 3 Mei 2019 nanti. Ada 20 mahasiswa yang menerima Pemberian penghargaan kepada wisudawan/wati dengan predikat pujian pada wisuda sarjana periode III tahun akademik 2018/2019. Sedangkan untuk penghargaan lulusan terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora diraih oleh Lelita Azaria Rahmadiva dari Prodi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,82, lama studi 3 tahun 4 bulan 15 hari.

Untuk penyusunan skripsi terbaik, diraih oleh Sabarudin Hidayatullah dari Prodi Psikologi dengan IPK 3,68. Judul skripsi yang disusun ialah Hubungan Budaya Sekolah Berbasis Jawa dan Karakter Sopan Santun pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul.

Kedua, skripsi yang berjudul: Implementasi Nilai Bela Negara di Resimen Mahasiswa Satuan 03 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Perspektif Kuasa Disiplin Michel Foucault. Skripsi ini disusun oleh Muhammad Abdul Rouf, mahasiswa Sosiologi dengan IPK 3.33.

Sedangkan dari Prodi Ilmu Komunikasi, penyusunan skripsi terbaik disusun oleh Septiana Vina Anggraini dengan IPK 3.59. Judul skripsi yang ia susun ialah Difusi Inovasi dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Deskriptif Kualitatif pada Badan Usaha Milik Desa Panggung Lestari dalam Membenttuk Desa Wisata Kampung Mataram, sewon, Bantul, Yogyakarta). (tri)

Berita Terpopuler