Aji Nur Avianto Lolos Program Alumni Summit di Yangon, Myanmar

Aji Nur Avianto atau yang akrab disapa Aji, kembali akan mengikuti kegiatan international. Sebelumnya, mahasiswa Sosiologi ini pernah berangkat keluar negeri waktu SMA. Kini, Aji kembali akan mengikuti kegiatan di Myanmar yang akan berlangsung bulan 22-24 Maret 2019.

“Aku dapat kabar ada program Summit Ke Yangon (Myanmar) dari group WA alumni pas ke US hampir 5 tahun yang lalu. Kebetulan di group WA itu ada staff dari Lembaga yang dulu menyelenggarakan program yang aku ikuti. Lembaga itu adalah VIA (Volunteer In Asia),” begitu Aji membuka cerita.

Saat menerima kabar, ia mengaku sempat histeris dan mengagetkan teman lainnya. Karena, saat itu ia sedang mengikuti kuliah di kelas. Aji mengaku senang saat itu ia dimasukan ke dalam Group Whatsaap oleh panitia. Aji juga dinyatakan lolos seleksi berkas dan mendapat email untuk mengirimkan rincian kebutuhan selama di sana.

“Mereka mengabarkan kalau ada program Alumni Summit di Yangon. Iseng-iseng daftar. Lalu tanggal 28 Februari dapat email dari Pihak sana, mereka menanyakan soal rencana biayanya. Soalnya pas daftar aku milih dibayarin. Tangal 4 Maret aku masuk group WA Koordinasi keberangkatan dan besok tanggal 22 berangkat,” imbuhnya lagi.

Tentu kabar ini membuat bangga semua pihak. Termasuk Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM), Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D., Kaprodi Sosiologi, Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si., Selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan serta semua pihak. Sebelum berangkat, Aji juga sempat bertemu dengan Dekan, Kaprodi dan WD III untuk berpamitan (18/03/2019).

Bertempat di ruang 201 lantai II, Dr. Mochamad Sodik S.Sos., M.Si., mengucapkan selamat kepada Aji. Beliau merasa bangga dengan semangat yang dimiliki Aji. Sebagai mahasiswa Difable, Aji merupakan salah satu mahasiswa yang perlu ditiru semangatnya oleh mahasiswa pada umumnya. Dekan FISHUM juga meminta kepada Aji untuk memanfaatkan forum dan jaringan selama di Myamnar. Apalagi FISHUM tanggal 18-30 Juni tahun ini akan mengadakan eNJOY Camp atau International Jogja Youth Camp 2019 yang bisa diikuti oleh teman-teman dari Myanmar.

“Bagaimana proses pembelajaran dan proses kerja sama berjalan dengan baik. Oleh karena itu Mas Aji yang akan pergi ke Myanmar merupakan suatu hal yang baik. FISHUM selalu mendorong mahasiswa-mahasiswi untuk ke luar negeri. Sekali-lagi saya ucapkan selamat, karena tidak hanya FISHUM tetapi juga menjadi kabar baik untuk Universitas,” tutur Dekan FISHUM.

Hal senada juga disampaikan oleh Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D selaku Kaprodi Sosiologi. Ia merasa bangga dengan semangat yang dimiliki Aji. Harapannya, setelah pulang dari Myanmar nanti, Aji bisa berbagi cerita kepada teman-teman yang lain. Sehingga, semangat yang dimiliki Aji bisa ditiru oleh banyak mahasiswa, khususnya mahasiswa Sosiologi.

“Mungkin nanti di sana bisa bikin dokumentasi vlog atau apa. Kebetulan tahun ini, kita di Sosiologi di dorong untuk ke luar negeri. Termasuk kegiatan mahasiswa. Keberangkatan Aji ke Myanmar juga menunjang akreditasi Prodi. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Aji,” tuturnya.

Tidak hanya Aji, ucapan selamat juga disampaikan Dekan FISHUM untuk Kharolin Hilda Amazona mahasiswa Ilmu Komunikasi yang lolos YSEALI Academic Fellowships Cohort Spring 2019 di Amerika Serikat. Mahasiswa yang akrab dipanggil Olin ini juga menemui Dekan untuk berpamitan sehari setelah Aji (19/03/2019). Bertempat di ruang Dekan, Dr. Mochamad Sodik berharap, semangat ini bisa ditularkan kepada mahasiswa FISHUM pada umumnya. (tri)

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler