ADUIN 2019, Undang Bayu Skak Jadi Narasumber

ADUIN Fest atau Creative Festival Advertising, acara tahunan yang diadakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi tahun ini sukses diselenggarakan. Acara yang sudah menginjak tahun ke-enam ini, memiliki beberapa rangkaian acara didalamnya. Seperti Kompetisi Iklan, lalu Creative Seminar dan Talkshow, Pameran Karya, Vakansi Agensi, dan ditutup oleh malam penghargaan atau Awarding Night.

Creative Seminar dan Talkshow (10 April 2019) tahun ini mengangkat tema Emang Gue Pikirin. Dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia ADUIN Fest 2019, Muhammad Rifqi Tsaqif, kemudian oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi, Drs. Siantari Rihartono M.Si dan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Humaniora, Dr. Mochamad Shodik, S.Sos., M.Si serta dihadiri juga oleh jajaran dosen lainnya. Sebelum seminar, secara simbolis dilakukan pemukulan gong oleh Dekan FISHUM sebagai tanda di bukanya acara ADUIN Fest 2019.

Acara seminar kali ini diisi oleh beberapa pembicara, yaitu Agung Purwandono selaku Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat Online Yogyakarta dan juga pengajar di Rumah Kreatif Yogyakarta. Agung Purwandono dipandu oleh seorang moderator menyampaikan materi Move and Prove. Beliau mengajak kita semua untuk berani menunjukkan apa yang kita bisa lakukan meskipun banyak orang yang meremehkan hal itu.

Pembicara yang kedua oleh Content Creator dan Sutradara Film Yowis Ben 1 dan Yowis Ben 2 yaitu Bayu Skak. Bersama moderator, Bayu Skak membawakan tema seminar How to Deal with Haters. Posisi jatuh dan bangkit yang ia alami juga dibagikan kepada peserta seminar, dan beliau mengajak kita semua untuk tidak reaktif kepada komentar negatif namun menjadikan hal tersebut sebagai koreksi untuk menajadikan kita semakin baik lagi.

“kalau nanti pada akhirnya gagal gimana? Yowis Ben! Seng penting Move to Action!”. Ujarnya.

Seminar oleh dua pembicara diatas berlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh banyak peserta yang memenuhi Gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga lantai 1. Selama seminar berlangsung, di Lobby Covention Hall UIN Sunan Kalijaga juga diadakan pameran oleh semua karya yang masuk pada kompetisi iklan ADUIN Fest 2019 yang berlangsung selama tanggal 10 sampai 11 April 2019.

Hari kedua, finalis diajak untuk melakukan acara selanjutnya yaitu Sharing Session bersama juri ADUIN Fest 2019 di Hutan Pinus Mangunan. Acara yang dilakukan outdoor ini mendatangkan salah satu juri Etika Periklanan yaitu Hadiid Abdurrohman yang juga berprofesi sebagai Strategist Enthusiast. Beliau sharing tentang bagaimana pandangan tentang dunia kreatif terutama iklan.

“Seseorang akan merasakan feel kalau sudah tertarik pada bidang tertentu. Bidang kreatif misalnya, dalam bidang kreatif kita dipaksa untuk lebih tahu terlebih dahulu apa yang ingin kita tuju. Apabila kalian juga masih bingung bisa langsung terjun ke lapagan dan rasakan sensasinya” Kata Hadiid

Acara yang selanjutnya yaitu Vakansi Agensi atau kunjungan pada salah satu Agensi Iklan di Yogyakarta yaitu Srengenge Idealabs pada 11 April 2019. Acara ini merupakan salah satu fasilitas kepada seluruh finalis kompetisi iklan ADUIN Fest yang diumumkan tanggal 4 April 2019.

Para finalis diajak untuk sharing dan diskusi mengenai dunia periklanan secara langsung bersama pihak Srengenge. Selanjutnya yaitu diadakan Sharing Session bersama juri ADUIN Fest 2019 di Hutan Pinus Mangunan. Acara yang dilakukan outdoor ini mendatangkan salah satu juri Etika Periklanan yaitu Hadiid Abdurrohman yang juga berprofesi sebagai Strategist Enthusiast..

Puncak dari rangkaian acara ADUIN Fest 2019 yaitu Awarding Night atau malam penghargaan kepada para pemenang kompetisi iklan pada masing-masing kategori. Berbagai penampilan dari Guest Star yang mengisi acara ini. Beberapa pemenang lomba kategori TVC yaitu Juara Pertama diraih oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan karya berjudul Merah Kuning Hijau.

Juara kedua, diraih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan karya Romeo Juliet. Pemenang kategori Digital Activation dengan Juara Pertama oleh Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan karya Ardhana dan juara kedua diraih oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan karya Respectaddict.

Pemenang kategori Print Ad Juara Pertama diraih oleh Amalia Idzni Azzura dari ISI Yogyakarta dengan Arena dan Juara Kedua Apriliana Tri Kusumawati oleh ISI Yogyakarta dengan karya berjudul Together. Ditutup oleh penampilan band Awarding Night ADUIN Fest 2019 berlangsung sangat meriah dan penuh antusias penonton yang hadir pada malam tersebut.

ADUIN Fest 2019 merupakan Creative Festival Advertising yang rutin diadakan tahunan oleh program studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga. Setiap tahun ADUIN Fest mengangkat tema besar acara dan pada tahun ini mengambil tema FEELING, yang terbentuk dari dua kata yaitu Feel (Bahasa Inggris) dan Eling (Bahasa Jawa). Memiliki makna bahwa setiap manusia berhak untuk merasakan atau mengemukakan pendapat mengenai suatu hal akan tetapi juga harus ingat bahwa orang lain juga memiliki hak yang serupa, solusinya dengan kita sebagai kaum muda diajak untuk tidak mudah reaktif (dalam arti secara negatif) dan menanggapi sesuatu secara berlebihan. (tri)

Liputan Terpopuler