Pimpinan FISHum Bersama Tim KKN Tanggap Bencana Lakukan Kunjungan ke kantor BPBD Tanggamus

Kegiatan diawali dengan kunjungan tim KKN Tanggap Bencana ke kantor BPBD Tanggamus menemui Plt Ibu Maryani, dan Kabid 3 Bagian Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Drs. Sabar M Sitanggang, Senin (12/8). Pertemuan ini adalah briefing dari BPBD kepada KKN Tanggap Bencana sebelum koordinasi lebih lanjut mengenai persiapan acara Festival Pekon Kiluan Negeri di Kantor BPBD Tanggamus.

"Kita perlu menyatukan persepsi, sebab beberapa kegiatan perlu persiapan yang benar-benar matang ditengah sibuknya agenda," ujar Ibu Maryani.

Tujuan pematangan rundown adalah untuk membuat segala susunan acara berjalan efektif dan efisien serta sesuai rencana. Sementara itu, gladi bersih akan dilaksanakan di Kiluan pada 14 Agustus 2019 didampingi oleh BPBD Tanggamus.

Setelah briefing dilakukan, tim KKN UIN Sunan Kalijaga diarahkan menuju Rumah Dinas Wakil Bupati Tanggamus untuk ramah tamah dengan Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i, S.Ag, sekaligus melaporkan progres program-program kegiatan KKN selama di Kiluan. Laporan kegiatan KKN disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Very Julianto M.Psi., Psikolog.

"Fokus utama program kerja kami adalah seputar kebencanaan, tetapi kami juga menampung masukan dari masyarakat sehingga dikembangkan menjadi 3 program besar," kata Very Julianto.

Program-program tersebut ialah Rumah Edukasi Bencana yang sudah bekerjasama dengan BPBD Tanggamus membentuk Destana (Desa Tangguh Bencana), pembuatan peta jalur evakuasi, dan pemasangan rambu-rambu evakuasi. Program kedua, Sekolah Media dan Literasi yang berisi sosialisasi serta pelatihan penggunaan media massa untuk meningkatkan branding desa wisata, dan juga penetapan titik koordinat wisata di Teluk Kiluan. Program ketiga, yaitu Eco Lifestyle, yang didalamnya terdapat sosialisasi peduli lingkungan yang telah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus, pembuatan bak sampah, penanaman ikon taman bawah laut dan terumbu karang, serta penanaman 2055 bibit mangrove.

Very Julianto menambahkan bahwa tujuan dari KKN ini adalah implementasi dari Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, sehingga mahasiswa diharapkan dapat berempati dan berperan di masyarakat. Beberapa program kerja yang telah dikerjakan rencananya akan diresmikan dalam agenda kegiatan pembukaan Festival Pekon Kiluan Negeri hari Kamis, 15 Agustus 2019. Peresmian tersebut antara lain peresmian Desa Tangguh Bencana, plang wisata, rambu evakuasi, bak sampah, dan penanaman mangrove oleh Wakil Bupati Tanggamus, Rektor UIN Sunan Kalijaga, serta beberapa dinas terkait.

Bappelitbang mewakili Wakil Bupati Tanggamus juga menyampaikan rasa terima kasihnya dan berharap semoga kegiatan KKN bisa dimanfaatkan dan tercapai dengan baik.

“Semoga ide dan inovasi seputar kebencanaan dapat dikembangkan serta diharapkan adanya keberlanjutan KKN UIN Sunan Kalijaga di tahun berikutnya untuk membantu pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kali ini, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Dr. Sabarudin, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sulistyaningsih S.Sos., M.Si, serta Kepala Bagian Tata Usaha Dra. Budhi Susilowati, M.A. Adapun anggota KKN Tanggap Bencana antara lain yakni Achmad Rian Saputra, mahasiswa Ilmu Hukum, Latifa Rosyana Utami mahasiswa Pendidikan Fisika, Arimbi Rachmayani mahasiswa Pendidikan Fisika, Diki Noras Habibi mahasiswa Sosiologi Agama, Achmad Fawzy Risandy mahasiswa Ilmu Komunikasi, Abdul Rahman mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial, Triska Adinda Dewi Sri mahasiswa Psikologi, Risma Inayah mahasiswa Psikologi., Sylvia Maharany mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam, Anis Khansa Qonita mahasiswa Sastra Inggris.

Liputan Terpopuler