Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Menjadi Tuan Rumah dalam Kegiatan Mukerwil FL2MI

SEMA Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam Dialog Publik dan Musyawarah Kerja Wilayah bersama Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia DIY (FL.2MI). Pada, 14- 15 November 2022 di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mukerwil ini merupakan kegiatan wajib untuk menentukan dan menetapkan program kerja wilayah, kepengurusan, ide maupun gagasan. Dengan mengangkat tema "Demokrasi Masa Kini; Mahasiswa Melek Konstitusi." Pemateri pada kegiatan stadium general diisi oleh prof. Purwo Santoso. M.A selaku Guru Besar Departemen Ilmu Politik dan Pemerintahan FISIPOL UGM serta Sutrisnowati, S.H., M.H., M.Psi. selaku Ketua Bawaslu DIY.

Ketua panitia kegiatan Fahrur mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna membangun relasi dan belajar bersama mengenai konstitusi di Indonesia "dengan tema demokrasi masa kini mahasiswa melek konstitusi agar mahasiswa dapat paham terhadap sistem pemerintahan, mahasiswa bisa mengawal demokrasi dan konstitusi apalagi tahun 2024 akan menghadapi pemilu mahasiswa perlu ikut campur persoalan tersebut agar tidak terjadi perpecahan selama pesta demokrasi ini." Jelasnya

Senat fakultas Vay juga menyampaikan dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat menjalin silaturahim dan memperluas pengetahuan dan dapat di implementasikan dalam mengahadapi dinamika-dinamika politik Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua FL2MI dengan harapan pemuda masa kini dapat lebih peduli mengenai konstitusi "oleh karena itu, kami optimis generasi muda memiliki orientasi terkait ideologi bagaimana menuju bangsa yang religius, humanis, demokratis, nasionalis,dan adil.

Akhir kata, menjelang Pemilu 2024 saya berharap tidak ada lagi yang namanya 01 atau 02 yang ada 03 yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia." Ungkapnya.

Roy selaku Ketua Senat Universitas ikut memberikan semangat demokrasi dalam sambutannya, begitu pula dengan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Dr. Mohamad Sodik, S.Sos., M.Si. sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif mahasiswa dan juga semangat demokratis mahasiswa dalam semarak pemilu nantinya di tahun 2024.

Prof Purwo menjelaskan tentang literasi politik dan menjelaskan pemahaman apa yang dimaksud dengan konstitusi, beliau menjelaskan bagaimana sistem berlaku di Indonesia. Setiap warga negara berhak memilih dengan posisi pemerintah sebagai pelayan masyarakat, terutama dalam pemilu. Dengan tegas beliau menyampaikan bahwa partai politik di Indonesia hanya menjadi kontestan saja bukan sebagai kebijakan-kebijakan yang ada. "Tugas pokok pemerintah ialah melayani, siapa saja yang disebut rakyat." Ungkapnya

Ketua Bawaslu Sutrisno juga menjelaskan aspek penting dalam demokrasi yakni sebagai alat kesejahteraan yang bertujuan pada arah negara, memilih pemimpin, mengawasi pemerintah, dan meminta pertanggungjawaban pemerintah negara. Dengan demikian demokrasi juga memiliki prinsip yakni kontrol rakyat, kesetaraan rakyat, pemerintahan konstitusional, kebebasan individu. "Suara rakyat adalah suara Tuhan." Jelas beliau, bahwa rakyat sangat berperan penting dalam setiap pesta demokrasi dan menekankan bahwa tidak dibenarkan untuk politik uang dalam pemilu nantinya.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh SEMA Universitas tergabung di provinsi DIY dan FL2MI. (Sema-F)